Pertarungan Dua Hp Android Harga 1 Jutaan: Sony Ericsson Xperi Mini Vs Motorola Fire XT311

16 Mar 2012 14:00 10435 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Handphone Android menjadi hp primadona baru, baik di dunia maupun di Indonesia. Berbagai kalangan ingin memiliki handphone ini, baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah. Tak heran banyak produsen yang memproduksi hp Android harga 1 jutaan.

Handphone Android menjadi hp primadona baru, baik di dunia maupun di Indonesia. Berbagai kalangan ingin memiliki handphone ini, baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah. Tak heran banyak produsen yang memproduksi hp Android harga 1 jutaan. Di antara sekian banyak pilihan, terdapat dua hp Android yang layak menjadi sorotan, yakni Sony Ericsson Xperia Mini dan Motorola Fire XT311.

Dimensi

Hp Android harga 1 jutaan yang dirilis oleh Sony Ericsson ini memiliki dimensi 88 x 52 x 16 mm dengan berat 99 gram. Sedang hp Android harga 1 jutaan yang ditawarkan oleh Motorola memiliki dimensi 116.5 x 58 x 13.5 mm dengan berat 110 gram. Dari segi dimensi, Sony Ericsson Mini nampaknya lebih unggul dengan ukurannya yang lebih mungil dan bobot yang lebih ringan.

Layar

Sebuah layar berukuran 3.0 inci yang memiliki resolusi 320 x 480 piksel tersemat pada hp Android harga 1 jutaan ini. Layar LED backlit LCD capacitive touchscreen Xperia Mini ini menunjang tampilan 16 juta warna. Layar handphone ini juga dilengkapi dengan lapisan anti gores, Sony Mobile Bravia Engine, UI Timescape serta multi-touch.

Pada bagian layar, handphone Android dari Motorola menawarkan layar TFT capacitive touchscreen berukuran 2.8 inci yang memiliki resolusi 240 x 320 piksel. Selain itu, handphone ini juga memberikan fitur keypad QWERTY dan UI Moto Switch. Dari segi ukuran, Xperia Mini lebih unggul, demikian juga dari segi fitur. Namun kelebihan Motorola Fire terletak pada dual inputnya, touchscreen dan keypad QWERTY.

Performa

Handphone yang dirilis pada bulan Mei 2011 ini menggunakan OS Android Gingerbread 2.3. Fitur lain yang dimiliki oleh hp Android harga 1 jutaan ini adalah keberadaan prosesor single core 1GHz. Kinerja prosesor ini juga akan memperoleh dukungan dengan adanya GPU Andreno 205 dan RAM 512MB. Handphone ini juga bisa digunakan untuk mengakses jaringan 3G dengan kecepatan HSDPA hingga 7.2Mbps dan HSUPA 5.76Mbps.

Hp Android harga 1 jutaan dari Motorola menhadirkan prosesor single core 600 MHz sebagai otak utamanya. Selain itu, terdapat pula GPU Andreno 200 dan RAM 256MB. Dari sisi akses jaringan 3G, kecepatan akses yang ditawarkan handphone ini tidak lebih baik dibandingkan dengan Xperia Mini. Kecepatan HSDPA mencapai 7.2Mbps namun kecepatan HSUPA hanya 384 Kbps.

Kamera

Hp Android harga 1 jutaan ini menghadirkan kamera 5Mbps yang mampu menghadirkan foto kualitas 2592 x 1944 piksel serta merekam video 720p. Kamera pada handphone Sony Ericsson Xperia Mini ini dilengkapi dengan fitur LED flash, Geo-tagging, image stabilization, smile and face detection serta touch focus. Dari segi kamera, lagi-lagi Motorola Fire XT 311 tak mampu mengungguli Xperia Mini. Handphone ini hanya memiliki kamera 3.15MP tanpa dilengkapi dengan LED flash ataupun fitur lain.

Baterai dan Memori

Sebuah baterai Li-ion dengan kapasitas 1200 siap menemani Anda dalam menggunakan hp Android harga 1 jutaan dari Sony Ericsson ini. Baterai tersebut mampu menemani Anda bertelepon selama 4 jam 30 menit dalam keadaan talk time. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan, hp ini menyediakan memori internal sebesar 320MB. Untuk kapasitas penyimpanan, hp Android harga 1 jutaan dari Motorola menawarkan ROM 512MB serta baterai Li-Ion 1420 mAh yang mampu bertahan selama 9 jam 16 menit (2G) dan 8 jam (3G).

Kesimpulan

Secara keseluruhan, duel dua hp Android harga 1 jutaan ini dimenangkan oleh Xperia Mini. Handphone ini hanya kalah kelas pada kualitas baterai. Sedang untuk spesifikasi lain, handphone ini lebih unggul. Secara harga pun demikian. Jika Xperia Mini bisa diperoleh dengan harga Rp 1.8 juta, maka Motorola Fire XT311 dijual dengan harga Rp 1.9 juta. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel