Menikmati Luar Angkasa Dengan Aplikasi Astronomi untuk iPad

24 Feb 2012 09:25 3095 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mungkin banyak dari Anda sekalian yang suka memandangi langit yang bertabur bintang di malam hari. Namun bagi warga perkotaan dengan banyaknya cahaya dari lampu-lampu jalanan dan gedung-gedung tinggi membuat langit tak sehitam di pelosok desa. Bagi Anda yang menyukai astronomi, kini peta langit akan lebih visual dengan datang di planetarium. Sayangnya di Indonesia hanya ada beberapa planetarium saja yang bisa dikunjungi.

Mungkin banyak dari Anda yang suka memandangi langit yang bertabur bintang di malam hari. Namun bagi warga perkotaan dengan banyaknya cahaya dari lampu-lampu jalanan dan gedung-gedung tinggi membuat langit tak seindah pemandangan langit di pelosok desa. Bagi Anda yang menyukai astronomi, kini peta langit akan lebih visual dengan datang di planetarium. Sayangnya di Indonesia hanya ada beberapa planetarium saja yang bisa dikunjungi.

Perkembangan teknologi kini sudah memberikan Anda kesempatan untuk menikmati planetarium di rumah menggunakan iPad. Tersedia banyak aplikasi astronomi yang mendukung untuk belajar astronomi, tata surya, rasi bintang, dan galaksi. Layaknya dalam gedung planetarium, iPad Anda akan dapat menampilkan gambaran langit beserta isinya. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi astronomi yang dapat digunakan di iPad Anda.

  1. Star Walk for iPad

Aplikasi astronomi ini adalah aplikasi augmented reality bintang yang dilabeli lebih dari 9000 bintang, konstelasi, dan satelit berdasarkan posisi iPad Anda. Yang menarik Star Walk adalah adanya fitur Time Machine yang dapat digunakan untuk melihat seperti apa bentuk langit di masa lalu atau di masa depan. Tersedia juga fitur yang memberikan informasi mengenai fase elevasi bulan, matahari dan beberapa planet utama lainnya. Untuk menikmati aplikasi ini dapat diunduh di Apple App Store seharga $4.99

  1. Stellarium XL

Stellarium ini adalah aplikasi astronomi yang menghadirkan planetarium untuk iPad Anda. Anda dapat melihat langit secara realistis dalam bentuk 3D seperti yang Anda lihat menggunakan teropong. Dilengkapi dengan fitur skinnable landscapes, powerfull zoom, time control, location control, dan juga telescope control. mAnda dapat menggunakan aplikasi ini hanya dengan membelinya seharga $0.99 di link berikut.

  1. GoSkyWatch Planetarium for iPad

Dengan aplikasi astronomi yang satu ini Anda dapat dengan mudah dan cepat dalam mengidentifikasi dan menemukan lokasi bintang, planet, konstelasi dan benda langit lain hanya dengan menunjuk ke langit. Aplikasi ini didesain khusus untuk penggunaan di luar ruangan sebagai teleskop pribadi Anda. Planet-planet akan ditampilkan dengan tingkat cahaya yang relative berdasarkan bintang. Untuk memperoleh aplikasi ini bisa melalui Apple App Store yang tersedia secara gratis. [RK]

Star Walk for iPad

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel