Periksa Tingkat Radiasi BlackBerry Anda Menggunakan Aplikasi Tawkon

20 Feb 2012 18:00 3766 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kali ini isu yang berhembus adalah dampak radiasi BlackBerry yang cukup mematikan. Tahun lalu, seorang pelajar SMP Negeri 34 Bandung dikabarkan meninggal akibat terpaan radiasi BlackBerry yang dimilikinya.

Masalah radiasi yang sering dikeluhkan oleh banyak pengguna ponsel saat ini mungkin bukan isu baru lagi. Beberapa penelitian mendapatkan hasil bahwa radiasi telepon seluler dapat mengancam kesehatan otak. Tahun 2011, salah satu badan PBB yang berurusan dengan masalah kesehatan dunia, World Health Organization, menegaskan bahwa radiasi ponsel berbahaya bagi otak karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker otak bagi manusia. Mereka menganjurkan pemakaian headset atau melakukan SMS saja untuk melakukan komunikasi yang aman. Selain itu, sebuah riset Environmental Working Group (EWG) juga menyatakan bahwa beberapa ponselyang menyajikan fitur canggih ternyata memiliki emisi radiasi yang tinggi. Dan EWG menobatkan BlackBerry Bold 970 Onyx serta Motorola Droid sebagai pemilik radiasi yang paling tinggi.

Masalah tersebut pun dikabarkan telah mendapatkan korban. Kali ini isu yang berhembus adalah dampak radiasi BlackBerry yang cukup mematikan. Tahun lalu, seorang pelajar SMP Negeri 34 Bandung dikabarkan meninggal akibar terpaan radiasi BlackBerry yang dimilikinya. Pemuda tersebut disinyalir meninggal karena adanya virus mematikan di otaknya akibat radiasi yang tinggi. Fakta tentang bahaya radiasi ponsel tersebut dapat mengingatkan Anda bahwa setiap perangkat mobile memiliki tingkat radiasi yang dapat mengancam siapa saja. Lantas, bagaimana caranya mendeteksi tingkat radiasi tersebut?

Bagi para pengguna perangkat BlackBerry, saat ini Anda dapat mengetahui tingkat radiasi BlackBerry menggunakan aplikasi bernama Tawkon. Seringkali, ketika melakukan pembicaraan yang cukup lama, BlackBerry menjadi sedikit panas. Bila hal tersebut terjadi, aplikasi ini akan langsung bertanya apakah pengguna ingin mengaktifkan speaker ponsel atau handsfree? Karena dengan begitu, secara otomatis Anda akan menjauhkan ponsel dari telinga atau sekitar kepala Anda. Pada saat melakukan pembicaraan tersebutlah, aplikasi pendeteksi radiasi BlackBerry ini mencatat dan memprediksi level radiasi dalam bentuk bar atau kurva grafis. Tetapi, pihak developer Tawkon sendiri hanya mengijinkan Anda untuk memakai aplikasi ini selama 75 kali pemakaian untuk mengetahui seberapa besar radiasi BlackBerry yang Anda gunakan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan digiring agar menggunakan perangkat BlackBerry sesuai kebutuhan saja. Karena setiap penggunaan yang berlebihan akan langsung diperingatkan oleh aplikasi Tawkon ini. Bukankah lebih baik mencegah datangnya penyakit daripada mengobatinya? Maka, untuk memiliki aplikasi Tawkon ini, Anda dapat mengunduhnya di sini. [MS]

How to avoid mobile phone radiation with tawkon on BlackBerry

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel