Membandingkan Dua Smartphone Berdesain Side Slider: Nokia C6 vs Sony Ericcson Xperia Mini

15 Feb 2012 11:30 3286 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nokia dan Sony Ericcson diakui masih menjadi "raja pasar handphone" di Indonesia. Oleh sebab itu, Paseban kali ini mempersembahkan perbandingan diantara smartphone keluaran kedua vendor tersebut. Yakni Nokia C6 dan Sony Ericcson Xperia Mini yang sama-sama memiliki desain side slider. Apa saja fitur-fitur yang disuguhkannya, dan siapa yang paling unggul diantara keduanya?

Nokia dan Sony Ericsson diakui masih menjadi "raja pasar handphone" di Indonesia. Oleh sebab itu, Paseban kali ini mempersembahkan perbandingan diantara smartphone keluaran kedua vendor tersebut. Yakni Nokia C6 dan Sony Ericsson Xperia Mini yang sama-sama memiliki desain side slider. Apa saja fitur-fitur yang disuguhkannya, dan siapa yang paling unggul diantara keduanya?

Dimensi

Nokia C6 memiliki dimensi yang lebih besar dan bobotnya juga lebih berat dibandingkan dengan saingannya Sony Ericsson Xperia Mini dengan ukuran 113 x 53 x 16.8 mm dengan bobot 150 gram. Sedangkan Sony Ericsson Xperia Mini berukuran 92 x 53 x 18 mm dengan bobot 136 gram.

Layar

Rupanya ukuran Nokia C6 yang lebih besar juga berpengaruh pada layarnya yang juga lebih besar dibandingkan Sony Ericsson Xperia Mini. Nokia C6 memiliki layar sentuh sensitif dengan ukuran 3.2 inci dan beresolusi 360 x 640 piksel. Sedangkan Sony Ericsson memiliki layar dengan ukuran 3 inci dan didukung oleh teknologi Sony Mobile BRAVIA Engine.

Kamera

Selain keduanya sama-sama memiliki kesamaan dalam hal desain side slider, dua perangkat ini pun memiliki kesamaan dalam hal kamera. Nokia C6 dan Sony Ericsson dilengkapi dengan kamera 5 megapiksel. Meski demikian, Sony Ericsson Xperia bisa dikatakan lebih baik karena mampu merekam video HD 720p.

Performa

Sistem operasi yang digunakan keduanya berbeda. Nokia C6 memakai OS Symbian 5th edition, sedangkan Sony Ericsson Xperia Mini menggunakan Android 2.3 Gingerbread. Begitu juga untuk urusan kinerja secara keseluruhan yang mengharuskan Nokia C6 mengakui keunggulan Sony Ericsson Xperia Mini karena ditenagai oleh prosesor sebesar 1GHz dengan RAM 512MB dan GPU Andreno 205. Sedangkan Nokia C6 hanya ditenagai oleh prosesor sebesar 434 MHz.

Memori dan Konektifitas

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Sony Ericsson Xperia Mini juga terletak pada kepunyaan memori internalnya yang jauh meninggalkan Nokia C6 dengan 400 MB. Sedangkan Nokia C6 hanya dilengkapi dengan memori internal 240MB. Namun keduanya telah dilengkapi dengan slot microSD. Sedangkan urusan konektivitas, baik Nokia C6 maupun Sony Ericsson Xperia Mini dilengkapi dengan jaringan 3G, HSDPA, WiFi, Bluetooth dan juga GPS.

Kesimpulan

Melihat perbandingan di atas, sangat jelas sekali terlihat bahwa Sony Ericsson unggul telak—hampir di semua fitur mulai dari kamera, performa maupun memorinya 400MB. Jadi, Anda bisa dengan mudahnya menentukan pilihan diantara keduanya! [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel