Nama Infinity Ward Engine bagi para gamer penggemar FPS mungkin agak pernah mendengar atau pernah membaca, namun masih belum tahu apa tepatnya. Paseban harus mengingatkan kembali bahwa nama tersebut muncul sebelum Anda memulai memainkan game Call of Duty beberapa seri.
Infinity Ward Engine merupakan sebuah program perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membuat game. Atau lebih tepatnya ini adalah sebuah sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa sebuah game engine terkemuka pastinya menyediakan kerangka kerja perangkat lunak yang digunakan developer untuk membuat game baik versi konsol, perangkat mobile maupun komputer pribadi.
Infinity Ward Engine atau biasa disebut IW Engine merupakan game engine yang dikembangkan oleh 3 perusahaan pengembang yakni Infinity Ward Industries, Treyarch dan Sledgehammer Games. IW Engine dikenal luas oleh para gamer karena game engine inilah yang menjadi program perancang berbagai seri game Call of Duty. IW Engine secara rutin terus digunakan, padahal pada awalnya Call of Duty original hanya dirancang menggunakan engine id Tech 3.
Call of Duty - Black Ops : Game yang mendapat dukungan Stereoscopic 3D serta sistem lighting yang lebih baik
History
Setelah Call of Duty original sukses dirancang menggunakan id Tech 3, kenyataannya developer justru beralih dengan IW Engine. Saat berlangsungnya beberapa seri, game engine IW tidak pernah dipublikasikan sampai akhirnya game engine ini diumumkan setelah rilisnya seri Call of Duty: Modern Warfare 2 pada tahun 2009.
Penggunaan engine ini banyak membuat gamer terpukau, terutama pada grafis serta efek fisika yang selalu dihadirkan secara baik pada setiap seri Call of Duty. Praktis disetiap perilisan seri terbaru, selalu ada fitur terbaru, selalu ada tambahan dan selalu ada perubahan baik, terkecuali pada judul game 007: Quantum of Solace yang sampai saat ini belum diketahui apa saja perubahan dan fitur terbaru dibandingkan judul Call of Duty.
Sampai saat ini Infinity Ward developer sudah mengembangkan IW Engine sampai versi ke 6. Berikut ini berbagai perubahan dan fitur-fitur yang ditambahkan setiap seri Call of Duty dengan penggunaan IW Engine:
- Call of Duty 2: Pada seri ini developer menggunakan IW Engine 2.0 karena versi 1.0 diklaim adalah id Tech 3. Beberapa perubahan dari seri sebelumnya adalah sistem pemetaan yang normal dan lebih baik, Light bloom atau cahaya yang memiliki efek mekar, fitur panas dan kabut serta sistem bayangan yang lebih realistis.
- Call of Duty 4: Modern Warfare: Untuk seri Modern Warfare ini terdapat peningkatan sistem penetrasi peluru dari senjata, Upgrade mesin pencahayaan, peningkatan sistem partikel, "Ragdoll" fisika diintegrasikan ke dalam karakter animasi, Self-shadow disetiap gambar dengan IW 3.0. Sebagai catatan pada seri Call of Duty 3 tidak menggunakan IW Engine.
- Call of Duty: World at War: Masih sama dengan IW 3.0 terdapat peningkatan efek fisika, lingkungan yang bisa lebih dirusak, pembakaran kulit dan pakaian realistis serta simulasi penyebaran api yang lebih baik.
- Call of Duty: Modern Warfare 2: Dirilis tahun 2009, seri ini menggunakan IW veri 4.0 dengan mempertahankan berbagai fitur terbaik yang ada namun tetap memiliki perubahan seperti Teknologi tekstur streaming dan peningkatan AI.
- Call of Duty: Black Ops: Meskipun dirilis tahun 2010 atau setelah seri Modern Warfare 2, anehnya developer justru menggarap Black Ops dengan IW Engine 3.0. Pengingkatannya adalah teknologi tekstur streaming, dukungan Stereoscopic 3D serta sistem lighting yang semakin lebih baik. Seri ini merupakan salah satu yang terpopuler.
- Call of Duty: Modern Warfare 3: Pada seri ini menggunakan IW Engine 4.0 yang di modifikasi menjadi MW3 Engine. Ada berbagai perbaikan tekstur teknologi streaming untuk memungkinkan cakupan wilayah yang lebih besar, perbaikan lighting untuk menunjukkan refleksi dari beberapa objek seperti lantai keramik serta sedikit perbaikan sistem audio.
- Call of Duty: Black Ops II: Menggunakan IW Engine 3.0 yang dimodifikasi menjadi BO2 Engine. Banyak sekali perubahan dan penambahan fitur seperti peningkatan sistem pemetaan, efek air (cipratan dan efek lain), peningkatan efek pencahayaan, efek flare pada lensa, lighting sudah menjangkau HDR (High Dymanic Range), Self-shadowing serta DirectX 11 untuk versi PC.
- Call of Duty: Ghosts: Sebuah seri Call of Duty terbaru untuk konsol Next gen. Menggunakan IW Engine versi 6 dan memiliki banyak perubahan dan tambahan fitur seperti peta multiplayer Dinamis, sistem animasi baru untuk gerakan (sliding, lari, dll), efek asap realistis, pencahayaan HDR real-time yang lebih tepat, Graphics Tesselation, serta menggunakan teknologi canggih rendering Umbra.
Demikianlah berbagai karya spektakuler yang dihasilkan dari Infinity Ward Engine melalui game Call of Duty series. [ALX]