Mengintip Kembali Spesifikasi Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro, si Mungil yang Tetap Dicari

21 Apr 2015 18:00 15175 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Terkadang dimensi bukan suatu kendala untuk perangkat elektronika. Bahkan ada juga semakin kecil semakin fungsional dan tidak mengurangi kualitas suatu perangkat. Seperti smartphone yang satu ini, Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro

Terkadang dimensi bukan suatu kendala untuk perangkat elektronika. Bahkan ada juga semakin kecil semakin fungsional dan tidak mengurangi kualitas suatu perangkat. Seperti smartphone yang satu ini, Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro, smartphone mungil dengan kualitas yang besar. Smartphone hasil dari produk dua perusahaan phone terkenal (Sony dan Ericsson) ini hanya sebesar jari-jari orang dewasa. Bila tangan Anda cukup besar, genggaman Anda bisa menutupi semua bodynya. Lumayan, jadi tidak sulit menyimpannya. Bisa dimasukkan kesaku baju, celana atau tas kecil. Tetapi perhatikan, jangan karena dia kecil Anda tidak sadar kalau dia adalah smartphone dan membuangnya bersama kertas parkir.

Smartphone ini memang sudah lama sekali beredar di Indonesia, namun nyatanya hingga saat ini smartphone ini masih banyak pencarinya. Mungkin kelebihan utama dari smartphone ini adalah ukurannya yang super mini, sebagian dari Anda mungkin memang ingin mencari handphone mini, dan kurang menyukai dengan handphone berlayar besar seperti yang banyak beredar sekarang. Jika Anda salah satu orang yang mencari handphone mini, pada artikel ini Paseban akan mengulas kembali mengenai smartphone Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro yang benar-benar mungil ini.

Desain

Seperti namanya Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro, yang menjadi andalan dari produk ini adalah ukurannya yang sangat kecil. Tidak seperti ukuran smartphone-smartphone pada umumnya. Anda bisa menyembunyikannya di balik kartu kredit, atau bagi wanita bisa menyimpannya di dompet Anda. Smartphone ini berukuran tinggi 3,3 inci (8,3 cm), lebar 2 inci (5 cm) dan tebal 0,7 inci (1,8 cm). Namun ukuran ini sedikit lebih besar dari rekannya X10 Mini. Tetapi lebih ini bukan tidak beralasan. Pada X10 Mini Pro keyboardnya lebih lengkap. Berat smartphone ini juga ringan, hanya 0,11 Kg saja. Anda tidak akan merasa membawa apa-apa ketika memasukkannya ke saku atau tempat yang lain. Kembali lagi untuk berhati-hati, jangan sampai tidak sengaja Anda membuangnya karena sangat kecil dan ringan.

Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro dilengkapi dengan display layar 2,1 inci dengan userinterface yang tidak jauh berbeda dengan handphone Sony Ericsson lainnya. Tampilannya sangat baik untuk browsing dengan menu-menu standar yang ada di homescreen-nya. Tetapi untuk fitur-fitur yang lebih canggih mungkin ikon-ikon nya terlalu kecil. Untuk Anda yang suka desain yang klop dan gagah ini mungkin salah satu pilihan yang pas.

DI bawah layar Anda bisa menemukan tombol fisik standar yang berfungsi untuk kembali ke menu utama, maju dan mundur. Juga tersedia tombol fisik untuk panggilan dan email. Walau Anda bisa menggunakan menu virtual, dengan keyboard fisik jauh lebih cepat. Walau tombol-tombolnya cukup kecil, tetapi kita tidak kesulitan untuk menekan tombol-tombolnya. Kita tetap nyaman bernavigasi dengan tombol-tombol mungilnya. Pada keyboardnya, Anda tidak akan menemukan shortcut- shortcut, untuk teks simbol Anda harus menggunakan menu virtual.

Performa

Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro bekerja pada quad-band (GSM 850/900/1800/1900). Perangkat ini bekerja pada jaringan T-Mobile GSM. Untuk internet pada jaringan 3G. perangkat suilt mendapat jaringan UMTS/HSPA bands. Sebagai OS-nya, di serahkan pada Android 2.1. Ini merupakan updatean terbaru perangkat ini. Awalnya dia hanya dijalankan dengan Android 1.6 saja. Ini cukup ketinggalan jaman.

Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro bekerja dengan prosesor 600Mhz, jadi akan sedikit lebih lambat kinerjanya di bandingkan dengan X10 Mini yang berkekuatan 1Ghz. Tetapi itu tida membuat perubahan yang dramatis. Menurunnya kecepatan tidak terlalu terlihat. Untungnya, dengan prosesor seperti itu harga X10 Mini Pro lebih murah dibanding saudaranya namun lebih lengkap.

Kapaistas batrai X10 Mini Pro lumayan. Pada jaringan 2G Anda bisa berbicara nonstop 4 jam dan 3,5 jam pada jaringan 3G. Bila pada keadaan stand by baterai bisa bertahan hingga 15 jam. Berdasarkan bagan radiasi dari FCC, X10 Mini Pro memiliki tingkat radiasi 1,55 watt/kilogram. Detailnya bisa Anda lihat di sini.

Fitur

Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro memiliki memori external sebesar 128MB namun bisa Anda upgrade dengan memori external hingga 2GB. Untuk ukuran handphone sekarang, ini cukup kecil. Tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan penyimpanan awan. Apalagi dia memiliki kamera yang cukup bagus. Hasil fotonya pasti cukup memakan tempat diruang penyimpanan. Bila pada X10 Mini menawarkan kamera 8 megapixel, pada Mini Pro hanya 5 megapixel saja. Ini cukup terasa perubahannya. Namun Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur kamera yang ada pada smartphone ini untuk memaksimalkan foto. Misalnya, autofocus, flash, pemilihan mode gambar (auto, sport, twilight atau macro). Walau fitunya sedikit diturunkan tetapi kita tetapi bukan penuruan fitur yang drastis. Selain kamera, dia juga dilengkapi camcorder. Perekamnya ini berdurasi maksimal 10 detik. Cukup singkat bukan? Ya, wajar karena memorinya juga kecil.

Fitur-fitur lain adalah situr standar smartphone seperti kalender, kalkulator, aplikasi konversi, Bluetooth dan wifi. Karena ini mengguna Andaroid, maka fitur-fitur Google tidak akan jauh dari menunya seperti YouTube, Goole Voice dan Google Talk. Ada juga Google Maps, namun dalam versi standarnya. Anda juga akan menemukan code reader, Wikipedia dan dua game bawaannya. Tidak lupa Sony Ericsson menambahkan fitur radio dan TrackID pada ponsel ini.

Smartphone mungil ini dihargai US$329 di Amazon. Di Indonesia ini dihargai sekitar Rp1.650.000. Ramah di kantor bukan? Anda dengan harga yang miring Anda bisa memiliki handphone mungil yang berkualitas raksasa.

Kesimpulan

Untuk ukuran handphone low-entri ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Desain mungil yang unik dengan harga yang miring. Samrtphone ini merupakan smartphone mungil dengan kaya fitur. Sayangnya, hingga kini dia masih mengunakan Android 2.1. Padahal Android sudah ingin beranjak ke Key Lime Pie (5.0). Namun untuk style, keunikan serta kenyamanan keyboardnya, harga Rp1,6 juta bukanlah harga yang berlebihan. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel