1

Produk IT Terbaru dari RIM, Menghadirkan BES Pada iOS dan Android

3 Dec 2011 11:00 2952 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kabar terakhir yang muncul, yang dinilai oleh beberapa pihak sebagai "langkah putus asa" dan oleh pihak lain sebagai "langkah brilian," adalah RIM akan menyediakan **Produk IT Terbaru**, teknologi BES untuk perangkat Android dan iOS.

Kelebihan BlackBerry yang membuatnya tetap bertahan hingga sekarang meskipun didera gempuran perang smartphone adalah sistem keamanan yang dimilikinya melalui BES (BlackBerry Enterprise Server). Dan kabar terakhir yang muncul, yang dinilai oleh beberapa pihak sebagai "langkah putus asa" dan oleh pihak lain sebagai "langkah brilian," adalah RIM akan menyediakan Produk IT Terbaru, teknologi BES untuk perangkat Android dan iOS.

Produk IT Terbaru ini bernama BlackBerry Mobile Fusion, yang memberikan konsumen dalam tataran perusahaan, atau pemerintahan, cara baru untuk mengatasi perbedaan penggunaan perangkat yang dimiliki oleh masing-masing individu dalam perusahaan tersebut. Secara garis besar, RIM menyatakan:

BlackBerry Mobile Fusion menyatukan produk industry terkemuka milik kami, teknologi BlackBerry Enterprise Server untuk perangkat BlackBerry, iOS, dan Android, semua perangkat yang berbeda tersebut bisa di manajemen melalui satu konsol berbasis web. BlackBerry Mobile Fusion menyediakan kemampuan manajemen yang diperlukan oleh departemen IT untuk mengawasi penggunaan perangkat mobile milik perusahaan dan karyawan dalam organisasi mereka.

Meskipun dalam kenyataannya perangkat BlackBerry kalah dalam hal perkembangan teknologi maupun penjualan melawan iOS dan Android. Namun dalam hal sistem keamanan, BlackBerry berada jauh di depan iOS dan Android. Oleh karena itu RIM mengeluarkan Produk IT Terbaru ini.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa RIM menggunakan asset terbaiknya ini dan berbagi dengan yang lain? Karena Produk IT Terbaru ini tidak akan mempengaruhi sama sekali terhadap kekalahan BlackBerry di medan perang smartphone.

Satu jawaban yang pasti adalah perangkat BlackBerry sedang jatuh sekarang, dalam tingkat global, jadi RIM menjual produk terbaik miliknya untuk tetap "survive in the game." Meskipun kemungkinan terburuk divisi hardware BlackBerry hancur nantinya, RIM masih akan tetap bertahan di pasar teknologi dengan Produk IT Terbaru berupa server bisnis.

Memang RIM bukanlah satu-satunya pemain dalam pasar MDM (Mobile Device Management), tetapi apabila RIM memutuskan merilis Produk IT Terbaru ini untuk masuk ke pasar MDM tentu ia akan memiliki nama yang lebih baik dan terpercaya dari pemain lainnya. Sudah banyak perusahaan dan pemerintahan yang menggunakan layanan server bisnis RIM ini sejak lama.

BlackBerry Mobile Fusion akan rilis dalam versi beta pada Januari nanti, dan kemungkinan Produk IT Terbaru ini akan siap rilis secara penuh pada bulan Maret tahun depan.

Jadi apakah ini termasuk "langkah putus asa" atau "langkah brilian?" a little bit both I guess. Anyway, apapun definisi langkah itu, kemampuan Android atau iOS dilengkapi dengan sistem keamanan terkenal BlackBerry akan menjadi perpaduan yang sangat bagus! [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel