Autis.info - Situs Informasi Lokal Mengenai Autisme

16 Jul 2012 09:00 2686 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak situs lokal yang menyediakan informasi terbaik bagi pembacanya. Seperti situs informasi lokal mengenai autisme bernama Autis.info satu ini. Situs ini tergerak untuk menyebarkan kepedulian terhadap keberadaan orang-orang dengan gangguan autisme.

Autisme bukanlah hal yang patut dijadikan sebuah bahan canda yang baik. Kerapkali banyak orang yang tanpa berpikir panjang mempergunakan istilah ‘autis’ tidak pada tempat dan makna sebenarnya. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan kurangnya informasi yang mereka dapatkan. Pengetahuan umum mengenai autisme memang dapat dikatakan tidak terlalu banyak. Selain tidak banyaknya kampanye dan sorotan media yang memberikan informasi luas kepada publik, autisme seringkali dipandang sebuah gangguan yang harus dihindari.

Stigma tersebut sejatinya sudah harus menghilang dari benak banyak orang. Pasalnya ada banyak media yang dapat diakses baik secara offline maupun online. Seperti situs informasi lokal mengenai autisme bernama Autis.info satu ini. Situs ini tergerak untuk menyebarkan kepedulian terhadap keberadaan orang-orang dengan gangguan autisme.

Autisme sendiri merupakan gangguan perkembangan kompleks yang gejalanya telah timbul sebelum anak tersebut menginjak umur tiga tahun. Autisme membentuk kondisi seorang anak yang membuat mereka tidak mampu membentuk jalinan sosial, baik dalam bentuk komunikasi ataupun interaksi secara normal. Normal di sini berarti tidak mampu melakukan hubungan sosial seperti kebanyakan orang. Inilah yang

mengakibatkan anak seperti tengah terisolasi dari lingkungan manusia serta memiliki dunianya sendiri. Adapun karakteristik anak dengan autisme adalah anak yang memiliki beberapa gangguan seperti interaksi sosial, pola permainan, emosi, komunikasi, ganggunan sensorik serta motorik, dan juga perkembangan yang tidak normal. Dengan keinginan menyebarkan informasi sebanyak mungkin secara online mengenai autisme, maka situs informasi autis.info inipun hadir.

Situs ini hadir berkat prakarsa orang tua yang memiliki anak dengan autisme atau anak dengan gangguan spektrum autisme. Sebagai orang tua, tentunya asupan informasi mengenai gangguan ini dapat membantu mereka menghadapi tumbuh kembang sang anak setiap harinya. Dan juga memahami bagaimana berdampingan dengan autisme itu sendiri. Ada banyak informasi yang tersebut melalui media internet terkait autisme. Namun, kebanyakan informasi tersebut didominasi oleh situs-situs berbahasa Inggris. Sedangkan informasi dalam bahasa Indonesia tidak terlalu banyak yang dapat ditemukan.

Situs informasi ini hadir dengan harapan agar dapat membantu banyak orang yang membutuhkan informasi mengenai autisme. Dengan tampilan situs yang sederhana, fitur yang terdapat di dalamnya rupanya dapat menjadi opsi menarik bagi Anda yang mencari informasi lengkap mengenai gangguan ini. Dalam fitur ‘Tentang Autisme’ Anda dapat mengetahui lebih jauh dan dalam mengenai autisme itu sendiri. Anda dapat memahami apa itu autisme, sindrom gangguan autisme dan pendekatan medis serta psikis dalam menghadapinya.

Andapun dapat mengetahui cara mendeteksi secara dini autisme jika hal tersebut terjadi pada anak Anda, dan juga mengenal autisme lebih mendalam. Publik kebanyakan mengetahui bahwa autisme adalah satu gangguan psikis saja, namun pada kenyataannya gangguan ini memiliki beberapa jenis seperti Autisme Masa Kanak, PDD-NOS, Sindroma Rett, Disintegrasi Masa kanak, hingga Sindrom Asperger. Anda dapat mengakses secara lengkap informasi jenis-jenis autisme langsung melalui fitur ‘Tentang Autisme’. Selain itu, di dalam fitur tersebut Anda dapat mengetahui mengenai mitos-mitos apa saja yang berkembang mengenai autisme.

Tidak banyak anak atau orang dengan autisme yang mampu terbebas dari gangguannya tersebut. Beberapa orang mungkin telah membuktikan bahwa mereka telah keluar dari autisme yang menimpanya sejak kecil. Namun, sebagian lagi masih terus berusaha agar mereka dapat berinteraksi lagi secara normal. Ada beberapa hal yang kerap dilakukan untuk melakukan penyembuhan autisme ini, salah satunya adalah dengan menggunakan metode terapi. Pada fitur ‘Terapi Autisme’ Anda dapat mengakses beragam artikel yang membahas terapi autisme seperti terapi perilaku, terapi biomedik, terapi wicara, integrasi sensori, terapi makanan, hingga 10 jenis terapi autisme lainnya. Menariknya, pemilik situs inipun dengan baik memberikan lokasi-lokasi terapi autisme di beberapa provinsi di Indonesia seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumater, hingga Kalimantan. Oleh sebab itu, Anda dapat mencatat lokasi-lokasi terapi terdekat.

Selain itu, apabila Anda memiliki tempat terapi yang belum terdaftar, Anda dapat menghubungi autis.info melalui email. Pada fitur ‘Artikel/Makalah’ Anda akan disajikan sekitar 200 lebih artikel ataupun makalah tertulis seputar dunia autisme. Mulai dari tips memilih sekolah yang tepat untuk anak autis, hingga pantangan-pantangan yang harus dihindari oleh orang dengan autisme. Bagi para orang tua yang ingin saling berinteraksi dengan admin ataupun orang tua anak dengan autisme lainnya, autis.info telah menyediakan forum untuk saling bertanya, memberikan opini, ataupun membahas permasalahan seputar autisme. Secara keseluruhan situs ini memang banyak mengisi konten-konten di dalamnya dengan kumpulan artikel ataupun makalah mengenai autisme.

Artikel atau makalah tersebut dirangkum dari berbagai media, baik media cetak maupun internet. Ada satu widget kecil yang terpasang di pojok kirim laman autis.info yang berisi kalimat: Stop Using Word Autism In Daily Jokes. Let's Start From Ourselves. Sebuah pernyataan yang menarik, yang mungkin mulai dapat dipraktikkan setelah Anda mengakses berbagai informasi mengenai autisme di dalam situs ini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel