Tips Cara Mengganti DNS Server Pada Sistem Operasi Mac

15 Jul 2012 12:00 14361 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Setiap penyedia layanan internet akan mengoperasikan ataupun mengkonfigurasikan DNS server mereka sendiri. Bila Anda membeli akses internet dari perusahaan seperti pada layanan Comcast, maka sistem operasi Mac Anda akan secara otomatis menggunakan konfigurasi DNS server milk Comcast tersebut.

Setiap penyedia layanan internet akan mengoperasikan ataupun mengkonfigurasikan DNS server mereka sendiri. Bila Anda membeli akses internet dari perusahaan seperti pada layanan Comcast, maka sistem operasi Mac Anda akan secara otomatis menggunakan konfigurasi DNS server milk Comcast tersebut.

Namun ada beberapa alternatif DNS yang dapat Anda pergunakan bagi pengguna sistem operasi MAC jika Anda tidak memilik cukup uang untuk membeli layanan DNS server tersebut. Banyak dari layanan ini DNS ini memiliki akses yang lebih cepat. Selain itu, beberapa penyedia DNS tersebut juga menawarkan beberapa layanan tambahan secara gratiss eperti proteksi komputer dari virus malware saat browsing dan juga kontrol orangtua (parental controls) untuk menjaga internet jika komputer digunakan oleh anak-anak.

Apa yang diperlukan untuk mengganti DNS pada Mac? Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda persiapkan:

  • Sebuah DNS server atau Alternatif DNS IP server lainnya. Secara default alamat IP address Anda akan disesuaikan dengan layanan service provider / ISP (Internet Service Provider) Anda masing-masing. Untuk dapat merubahnya Anda perlu untuk menggunakan jasa layanan DNS server seperti Open DNS atau Google DNS, atau penyedia jasa DNS server lainnya. Untuk mengetahui DNS manakah yang mempunyai akses cepat sesuai dengan lokasi Anda, Anda bisa mempergunakan aplikasi Google Name Bench untuk mengetes DNS server tersebut, aplikasi Google Name Bench untuk Mac bisa Anda unduh pada alamat ini.

  • Login sebagai Administrator untuk dapat mengakases kontrol penuh Mac. Diperlukan login sebagai adminstrator karena dibutuhkan password untuk dapat merubah koneksi jaringan pada komputer Mac Anda

Penyedia layanan DNS server gratis atau alternatif DNS server adalah sebagai berikut:

  • Google DNS : IP address 8.8.8.8 (primary DNS) dan 8.8.4.4 (Secondary DNS).

  • OpenDNS : 208.67.222.222 (Primary DNS) dan208.67.220.220 (Secondary DNS).

  • Advantage DNS : 156.154.70.1 (Primary DNS) dan156.154.71.1 (Secondary DNS).

  • ScrubIT : 67.138.54.100 (Primary DNS) dan207.225.209.66 (Secondary DNS).

Mengkonfigurasi Atau Mengganti DNS Mac

Berikut ini adalah tutorial cara mengganti DNS Mac, di sini OS Mac yang digunakan adalah Mac OS X 10.6 namun pada dasarnya sama saja. Pastikan bahwa koneksi internet yang ingi dirubah dalam kondisi sedang tidak dipergunakan:

  • Silahkan Anda buka menu Å“System Preferences, Anda bisa mengakses menu ini dengan menekan sebuah icon yang ada pada dock Apple menu.

  • Setelah itu Anda tinggal klik "Netwok.

  • Double-click koneksi internet yang ingin Anda rubah DNS servernya, pada contoh kali ini yang akan dirubah adalah koneksi intenet "AirPort.

  • Langkah selanjutnya adalah dengan membuka jendela aplikasi (properties window), Anda akan mendapatkan tampilan sebuah menu Tab lalu silahkan Anda klik tab "DNS.

  • Berikutnya yaitu silahkan Anda tekan tombol "+ atau "-" untuk menambah atau menghapus DNS server yang digunakan. Tombol tersebut berguna jikas ewaktu-waktu Anda ingin mengkonfigurasi ulang atau merubah ulang koneksi internet Anda nantinya.

  • Saat ini, kita akan mencoba untuk memasukan DNS servernya, Pada DNS di bawah ini DNS server yang akan dipergunakan adalah DNS server milik OpenDNS, Anda bisa mempergunakan alternatif DNSyang lainnya sesuai dengan DNS server mana yang Anda rasa lebih cepat koneksi internetnya dengan mempergunakan Google Name Bench yang tadi telah diunduh. Berikut ini adalah urutan dari DNS server milik OpenDNS:

    212.159.13.49

    212.159.13.50

  • Periksa kembali apakah DNS server yang dimasukan tersebut sudah benar dan sesuai, karena jika salah satu digit saja koneksi internet Anda tidak akan berjalan, jika dirasa sudah benar kemudian Anda klik tombol "OK".

  • Saat ini Anda akan kembali kepada tampilan sebelumnya kepada tampilan Connection properties screen. Jik dirasa semua konfigurasi cara merubah DNS Mac pada komputer Anda telah sesuai, silahkan klik OK to finish.

Saat ini Anda sudah bisa menikmati layanan DNS server pada kompter Mac Anda, demikian cara merubah DNS server Mac yang dapat Plimbi berikan, semoga dapat membantu Anda bagi yang kesulitan mencari referensi cara merubah DNS pada sistem operasi Mac. Jika masih bingung silahkan Anda lihat video berikut ini. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel