Panduan Pembelian Honda Brio 2023: Tips Memilih dan Menilai Hatchback Ini

5 Sep 2024 19:09 159 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mobil Hatchback Murah Terlaris

Pasar mobil LCGC masih memiliki pasar yang besar di Indonesia, Honda Brio merupakan salah satu mobil yang terlaris di pasar.  Desain yang stylish dan konsumsi bahan bakar yang efisien menjadi alasan membeli mobil ini.

Namun jika kamu sedang mencari mobil Honda Brio bekas, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa panduan membeli Honda Brio bekas berkualitas. Cara ini bisa kamu gunakan untuk membeli mobil bekas. Hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli Honda Brio bekas?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa faktor yang harus diperhatikan saat membeli Honda Brio bekas, diantaranya adalah:

1. Mesin tidak kasar

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat membeli Honda Brio 2023 adalah memastikan kondisi mesin dalam keadaan baik. Ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui mesin Honda Brio dalam kondisi baik. Secara umum kesehatan mesin mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

Sangat mudah untuk starter, suaranya halus, tidak ada tetesan oli, tidak ada getaran, biasanya ruang mesin kering dan terawat. Kamu dapat melihatnya dengan menghidupkan mesin terlebih dahulu. Dengarkan baik-baik suara mesin saat dihidupkan dan saat dijalankan.

Buka kap mesin dan coba perhatikan baik-baik mesin saat sedang berjalan. Seringkali, mobil dalam kondisi baik tidak akan mengeluarkan suara yang keras atau mengganggu.

 

2. Cek bagian natnya

Selain memeriksa mesin, maka kamu bisa memeriksa bagian nat-nat mobil. Jika kamu menemukan nat mobil dalam keadaan rapat menandakan bahwa pemiliknya telah merawat mobilnya dengan baik. Sambungan pada bodi masih kokoh bahkan menunjukkan mobil tidak mengalami kerusakan atau perbaikan.

Untuk mobil yang kurang bagus, biasanya, nat untuk bodi yang diperbaiki akan memiliki tingkat kepadatan yang berbeda-beda. Ada beberapa bagian yang bisa kamu periksa untuk melihat kondisi nat pada bodi mobil.

Kamu bisa memeriksa tulang di bawah kap mobil, kemudian bisa memeriksa engsel pintu, dan cek nat pada bagian kap mesin. Jika kamu melihat mobil yang sering diperbaiki, biasanya natnya kurang baik, karena jarang sekali ditemukan bengkel body repair yang sempurna.

Namun, akan lebih akurat jika menanyakan kepada pemiliknya apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan sebelumnya.

 

3. Cek bagian kaki-kaki

Bagian lain yang bisa kamu periksa adalah bagian kaki. Roda mobil menjadi salah satu faktor yang menunjang kenyamanan saat berkendara di jalan raya. Bagian kaki yang baik akan menghadirkan kenyamanan bagi pemilik mobil.

Jika ban mobil mulai menunjukkan kerusakan, ada beberapa tanda yang bisa kamu lihat. Saat kamu berbelok, ada banyak suara, kakinya berdecit, bantingan keras, periksa kolong mobil apakah suspensinya bocor atau tidak.

Untuk mengetahui kondisi kaki-kakinya masih bagus atau tidak, sebaiknya coba kemudikan. Cobalah melewati jalan yang kasar untuk merasakan bagian kaki-kaki masih bagus atau tidak. Jadi, ketika sedang test drive, cobalah rasakan dan perhatikan sedetail mungkin.

 

4. Cek AC nya

AC menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan sebuah mobil bekas. Nyalakan AC mobil dan rasakan sejenak apakah AC masih mengeluarkan udara dingin atau tidak. Jika udara kurang dingin maka freon AC sudah mulai berkurang.

Dengarkan juga AC mobil, apakah berisik atau senyap seperti mobil baru. AC mobil yang rusak sering kali menimbulkan suara bising atau berbau tidak sedap.

 

5. Pastikan kelengkapan mobil lengkap

Seringkali, mobil yang baru dibeli dilengkapi dengan banyak aksesoris. Seperti kunci kemudi, dongkrak, buku manual, buku manual servis dan kunci lainnya. Jika memungkinkan, perhatikan beberapa hal yang disebutkan di atas agar tidak ada satupun yang terlewat.

Kelengkapan mobil seperti ini seringkali mempengaruhi harga jualnya. Seringkali, kendaraan yang perlengkapannya telah dikurangi akan memiliki nilai jual kembali yang lebih rendah dibandingkan kendaraan yang masih memiliki perlengkapan lengkap.

Selain aksesoris, usahakan mencari mobil dalam kondisi standar tanpa modifikasi. Mobil standar akan lebih mudah perawatannya dibandingkan mobil modifikasi. Pasalnya mobil yang dimodifikasi gampang rusak karena kamu tidak mengetahui perubahan yang dilakukan.

 

6. Periksa kelengkapan surat

Jika kamu puas dengan mobil bekas Honda Brio, ada baiknya kamu  bertanya langsung kepada dealer mengenai garansi mobil tersebut. Pastikan surat-surat mobil sudah lengkap dan sesuai dengan mobil dan dokumen.

Kamu dapat memeriksa surat-surat ini dengan cara periksa nomor mesin dan nomor rangka sesuai dengan STNK dan BPKB. Cek pajak kendaraan apakah sudah habis masa berlakunya atau masih berlaku. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengecek keaslian dokumen mobil bekas yang akan kamu beli.

 

7. Periksa warna mobil

Poin terakhir ini, memastikan cat mobil benar-benar asli seringkali memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi dibandingkan mobil yang telah dicat ulang. Hal ini biasanya berlaku untuk mobil baru dan bekas. Warna asli mobil masih dianggap sebagai penentu kestabilan dan nilai pasar yang tinggi.

Asalkan pengecatan terjadi di beberapa bagian seperti: Bumper depan sudah di cat, bumper belakang sudah di cat, side skirt sudah pernah di cat, pintu sudah pernah di cat, beberapa bagian ini mungkin terjadi karena adanya baret karena sepeda motor atau benda lainnya.

Namun untuk kamu yang tertarik dengan unit yang sudah dicek namun mobilnya belum terlihat gambarnya, hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah. Beberapa bagian ini mungkin mengalami goresan yang disebabkan oleh pengemudi atau kendaraan lain.

 

Harga bekas Honda Brio

Itulah beberapa tips terkait dengan bagaimana memilih mobil bekas agar tidak membuat kamu kecewa. Lantas bagaimana dengan harga Brio 2023. Harga mobil bekas tentunya dipengaruhi oleh tahun pembuatan hingga kondisi kendaraan tersebut.

Namun untuk mengetahui berapa kira-kira harga pasaran Honda Brio bekas, maka kamu bisa mencarinya melalui internet. Ada beberapa situs jual beli mobil online yang banyak menawarkan Honda Brio bekas.

Salah satu situs jual beli mobil bekas yang paling terkenal adalah OLXmobbi. Kamu bisa menggunakan website atau aplikasi OLX ini untuk mencari mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan kamu.

Dilansir dari OLXmobbi ada beberapa iklan Honda Brio yang dijual. Untuk mobil Honda Brio tahun 2023 maka ada beberapa unit yang bisa temukan dengan harga penjualan termurah mulai Rp 156 jutaan. Dan untuk iklan penjual dengan harga tertinggi mencapai Rp 200 jutaan.

Jika kamu menginginkan Honda Brio yang lebih muda, maka dihalaman OLX ada juga iklan yang menjual Honda Brio tahun 2024. Untuk harga yang termurah mulai RP 167,5 jutaan. Sedangkan untuk harga yang termahal mencapai Rp 200 jutaan.

Itulah beberapa tips dan harga Honda Brio 2023 yang bisa kamu jadikan rujukan. Ikuti tips diatas untuk mendapatkan unit dalam kondisi terbaik dan harga yang murah.

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 68
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel