Xiaomi Mix Fold 4, Smartphone Lipat Paling Tipis di Tahun 2024?

26 Jul 2024 13:17 314 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setipis kemungkinannya masuk Indonesia.

Di China, sudah keempat kalinya Xiaomi merilis smartphone lipat menyerupai buku dengan desain yang semakin inovatif. Nama smartphone lipat bak catatan diary tersebut adalah Xiaomi Mix Fold 4 yang baru rilis di bulan Juli tahun 2024. Xiaomi Mix Fold 4 atau yang disebut juga dengan Mi Mix Fold 4 adalah sebuah smartphone lipat besutan Xiaomi dengan bodi tertipis di tahun 2024 dengan ketebalan 4,6 milimeter saja ketika terbuka, dan 9.5 milimeter dalam keadaan terlipat.

 

Mari kita lihat sedikit tampak luarnya...

Dibekali prosessor Snapdragon 8 Gen 3 dan sistem operasi andalan Xiaomi yaitu HyperOS, smartphone ini sudah dipastikan memiliki performa tertinggi jika dibandingkan dengan smartphone lainnya yang memakai prosessor generasi sebelumnya. Memiliki gelar sebagai smartphone flagship terkini dari Xiaomi untuk kategori foldable smartphone, Mi Mix Fold 4 ini memiliki beberapa pesaing yang sudah rilis sebelumnya seperti Samsung Z Fold6 dan Vivo X Fold3 Pro dimana waktu rilisnya hanya terpaut satu bulanan saja.

Selain dibekali prosessor tergagah buatan Snapdragon untuk tahun ini, Xiaomi Mix Fold 4 juga sudah dipersenjatai dengan berbagai hardware kelas flagship lainnya.

Yang pertama adalah layarnya, layar dari Mi Mix Fold 4 sudah menggunakan LTPO AMOLED berukuran 7.98 inch untuk layar dalamnya dan 6,56 inch dengan refresh rate mencapai 120Hz, HDR+10, 68 milyar warna, hingga kecerahan layar mencapai 3000 nits untuk kedua layarnya (layar depan & layar dalam). Berbicara soal layarnya, tidak ada informasi pasti perlindungan layar apa yang diberikan untuk smartphone lipat tersebut, karena di website resminya sendiri hanya menyatakan kaca yang memiliki ketahanan terhadap goresan dan benturan saja.

Untuk kameranya sendiri, Mi Mix Fold 4 dibekali dengan empat buah kamera yang memiliki kelebihan dan tugasnya masing-masing. Yang pertama adalah kamera Wide 50MP yang menjadi kamera utama dengan Auto Focus laser, PDAF dan Optical Image Stabilization (OIS). Kamera keduanya adalah kamera dengan sensor ultrawide yang fungsinya tidak lain dan tidak bukan untuk menangkap lebih banyak objek dalam satu frame. Untuk kamera ketiganya sendiri adalah sensor kamera 50MP berjenis telephoto yang kerennya memiliki OIS juga dengan perbesaran zoom maksimal 2x. Lanjut lensa keempatnya adalah lensa periscope telephoto atau lensa zoom jarak jauh yang lagi-lagi memiliki OIS dengan perbesaran zoom maksimal 5x. Keren sih ini!

Sedangkan untuk kamera depannya tidak ada yang menarik untuk dibahas, keduanya kamera selfie-nya memiliki jenis kamera wide dengan sensor 16MP yang kemampuan maksimalnya terbatas merekam video di  1080p 60 fps dan tanpa auto-focus. Sudah itu saja...

Beralih ke sekuritas atau keamanannya, Mi Mix Fold 4 ini dibekali sensor keamanan sidik jari yang ditempelkan di bagian pinggir smartphone seperti halnya Samsung Z Fold6. Namun seperti yang dilansir pada YouTube-nya om Dhiarcom, cara menggunakan sensor sidik jarinya ini sedikit berbeda dengan yang umum dilakukan. Berbicara soal sensor, untuk sebuah smartphone flagship, kelengkapan sensornya tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer dan spectrum sudah tertanam pada Mi Mix Fold 4 ini.

 

Beralih ke jeroan smartphone Xiaomi Mix Fold 4...

Mi Mix Fold 4 sudah dibekali penyimpanan  bertipe UFS 4.0 dengan pilihan RAM dan penyimpanan yang bervariasi seperti 12/256GB, 16/512GB dan 16GB/1TB untuk pasar China. Lalu bagaimana untuk pasar global, khususnya untuk pasar Indonesia? Melihat gerak-gerik Xiaomi Global dan Xiaomi Indonesia sendiri, mereka sepertinya sudah merasa nyaman di pasar yang sekarang, tidak ada tanda-tanda Xiaomi Global, apalagi Xiaomi Indonesia untuk membawa Mi Mix Fold 4 ini kepasaran selain di mainland China sana. Oleh karena itu, jika kamu jatuh hati pada smartphone ini pada pandangan pertama, ya mau tidak mau kamu harus pakai jasa titip untuk membelinya dari China sana.

Untuk lebih lengkapnya mungkin kamu bisa langsung cek channel YouTube Dhiarcom. Karena disana ada pembahasan mulai dari unboxing hingga pengetesan-pengetesan benchmark dan gaming.
Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel