Pindah ke Motor Listrik? Kenapa Tidak?

16 Jul 2024 19:35 236 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yuk ramai-ramai pindah ke kendaraan listrik!

Sudah beberapa tahun pemerintah kerap mempromosikan motor listrik dengan harapan agar rakyat segera beralih ke motor yang katanya hemat pengeluaran dan membantu menyelamatkan planet yang kita tinggali ini. Lalu apa keuntungan memilih motor listrik dibandingkan motor bensin? Alasan atau lebih tepatnya keuntungan dari menggunakan motor listrik dibandingkan motor bensin dapat Anda simak di bawah ini.

1. Ramah Lingkungan
   - Motor listrik menghasilkan emisi nol saat berkendara, sehingga tidak menambah polusi udara yang sekarang ini menjadi concern utama dari negara RI
   - Mengurangi jejak karbon dibandingkan dengan motor bensin yang menghasilkan emisi gas rumah kaca yang nantinya merugikan penduduk di Bumi sendiri

2. Efisiensi Energi
   - Motor listrik lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan motor bensin. Contohnya saja dalam pembuktian yang bisa dilihat di berbagai channel YouTube, kita dapat melihat seberapa hematnya motor listrik jika dibandingkan motor bensin ketika digunakan berkendara dalam rute yang sama. Untuk beberapa tipenya, motor listrik bahkan dapat mengkonversi energi listrik menjadi tenaga gerak dengan lebih sedikit kehilangan energi.

3. Biaya Operasional yang Lebih Rendah
   - Pengisian daya listrik biasanya lebih murah daripada membeli bensin seperti apa yang dituliskan di poin nomor 2. Selain itu juga, motor listrik memiliki lebih sedikit komponen bergerak, sehingga biaya perawatan dan perbaikan biasanya lebih rendah dibandingkan motor bensin. Tapi ya mungkin sekalinya ada yang rusak, biaya penggantiannya bisa lebih mahal dibandingkan motor bensin.

4. Kinerja dan Responsivitas
   - Motor listrik menawarkan torsi instan yang dapat menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan halus. Hal ini ada positif dan negatifnya. Positifnya pengendara akan merasakan kenyamanan yang lebih jika dibandingkan ketika mengendarai motor bensin. Namun negatifnya, karena suara motor listrik yang hampir mendekati kata "sunyi" maka kewaspadaan di jalanan pun harus ditingkatkan ketika mengendarainya. Apalagi di malam hari, klakson adalah kunci.
   - Pengendara bisa merasakan performa yang konsisten di berbagai kondisi kecepatan. Maksudnya, ketika kita memiliki sebuah motor listrik, kita bisa mengatur mode dari kendaraan listrik yang kita miliki. Mulai dari mode hemat, mode balance bahkan hingga mode performa. Yang membedakan antara ketiga mode itu sendiri adalah batas maksimal kecepatan yang dapat ditempuh, tingkat responsif mesin dan efisiensi dayanya.

5. Dukungan dan Insentif Pemerintah
   - Banyak pemerintah menawarkan insentif seperti potongan pajak, subsidi, atau keringanan biaya registrasi untuk kendaraan listrik.
   - Infrastruktur pengisian daya yang terus berkembang memudahkan penggunaan motor listrik.

7. Inovasi dan Teknologi
   - Motor listrik sering dilengkapi dengan teknologi terbaru seperti sistem regenerasi energi, konektivitas pintar, dan fitur keselamatan canggih. Namun sebagai catatan, fitur-fitur tersebut biasanya hanya ada di motor listrik kelas menengah bukan motor listrik yang harganya di bawah 10 jutaan rupiah.

8. Penghematan Energi Global
   - Mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mendukung penggunaan energi terbarukan adalah salah satu alasan kenapa harus menggunakan motor listrik. Apalagi jika kita lihat berbagai sumber berita, cadangan minyak dunia terus berkurang yang membuat kita sebagai penduduk bumi harus berhemat demi keberlangsungan hidup anak cucu kita nantinya.

Pilihan antara motor listrik dan motor bensin tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu. Namun, dengan pertimbangan lingkungan, efisiensi biaya, dan kemajuan teknologi, motor listrik semakin menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Apalagi di Indonesia, pemerintah sangat gencar mempromosikan motor listrik, sehingga yang diuntungkan sendiri adalah mereka para konsumen yang memanfaatkan peluang tersebut.

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel