Fenomena Alam Langka Hujan Salju di Arab Saudi dan Faktor Penyebab

25 Jun 2024 16:50 397 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fenomena Alam Langka Hujan Salju Di Arab Saudi Dan Faktor Penyebab

Arab Saudi adalah dikenal sebagai salah satu negara yang terletak di kawasan Timur Tengah atau Asia Tengah dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki suhu udara sangat panas. Tak mengherankan apabila hampir sebagian besar daratannya adalah berupa gurun pasir dimana salah satu wilayah yang paling luas dan sangat populer di dunia bernama Rub al Khali. Ada sebuah fenomena alam menarik yang cukup sering muncul beberapa kali setiap tahun di tempat ini yang dikenal sebagai fenomena alam hujan salju khusus terjadi di sekitar kawasan gurun pasir yang sangat panas dari Rub al Khali. Lantas apa yang menjadi titik penyebab munculnya fenomena alam hujan salju di Arab Saudi yang selama ini dikenal sebagai tempat yang sangat panas? Tentu saja ini membuat banyak pihak yang merasa terkejut karena ini adalah kawasan gurun pasir berada di tengah-tengah Negara Arab Saudi yang dalam keseharian memiliki suhu yang sangat panas, berubah-ubah namun diselimuti oleh salju turun cukup tebal. Ini adalah kejadian yang dianggap sebagai sesuatu yang biasa-biasa saja oleh warga masyarakat Rub al Khali karena mereka sering mengalami dan melihat hujan salju turun sangat deras pada titik-titik daerah tertentu.

Jika dilihat secara astronomi, posisi Negara Arab Saudi adalah berada diantara garis lintang 15 derajat LU hingga 32 derajat LU, bukan sebagai tempat yang berada tepat di garis ekuator sehingga terdapat sebagian daratan Arab Saudi yang berlokasi di bagian utara. Perlu dipahami bahwa fenomena alam hujan salju ini tidak terjadi di seluruh daratan di Arab Saudi, hanya wilayah tertentu dari Rub al Khali juga di bagian barat laut hingga utara saja yang berbatasan secara langsung dengan Negara Yordania.

Catatan pengingat yang disusun oleh para ahli menjelaskan bahwa fenomena hujan salju pernah muncul sekali di Kota Tabuk, 14000 km dari Kota Riyadh tepatnya pada tanggal 10 Januari 2020 karena dipicu oleh adanya badai besar pada saat itu sedang melanda kawasan Eropa Selatan termasuk di dalamnya adalah kawasan Mediterania. Inilah yang menjadi faktor utama salju turun di tempat ini dalam kondisi tebal terfokus di area kawasan Tabuk. Dan pada saat yang sama, badai dahsyat juga muncul di Uni Emirat Arab dengan terlebih dahulu ditandai dengan turunnya hujan deras yang menyebabkan munculnya banjir memasuki beberapa kota termasuk Dubai. Badai besar ini berlangsung beberapa hari bergerak dengan sangat cepat menuju kea rah timur yang menyebabkan beberapa jam selanjutnya turunlah hujan salju yang disertai dengan banjir bandang menyerang wilayah Timur Tengah.

Apa pendapat yang dijelaskan oleh BMKG/badan meteorologi, klimatologi dan geofisika? Mereka menjelaskan jika fenomena hujan salju di Arab Saudi kemungkinan muncul karena adanya tekanan udara di bagian utara dalam jumlah besar sehingga inilah yang memicu mendorong udara sangat dingin bergerak pelan-pelan menuju ke Arab Saudi yang pada saat bersamaan memiliki tekanan udara lebih rendah sebagai akibat sedang berada dalam kondisi suhu udara yang cukup panas.

Penjelasan lain mengatakan fenomena alam hujan salju ini muncul karena adanya blocking udara sehingga udara yang terperangkap di wilayah Eropa akan mengarah menuju ke arah Arab Saudi. BMKG lebih lanjut menjelaskan bahwa ini adalah kondisi yang normal karena kadang-kadang ada dorongan udara sangat dingin menuju ke Negara Arab oleh angina yang bertiup sangat kencang. Juga adanya perubahan musim sebagai akibat posisi matahari saat itu berada di belahan bumi bagian selatan menjadi salah satu penyebab wilayah bagian utara bumi mengalami musim dingin. Contohnya adalah Arab Saudi bagian utara khususnya Kota Tabuk berlokasi sekitar 27 derajat lintang utara.

Penyebab lainnya kemunculan fenomena hujan salju di Arab Saudi adalah tak lepas dari adanya perubahan iklim disertai dengan pemanasan global sehingga muncullah perubahan cuaca ekstrim di berbagai tempat salah satunya terpusat di Arab Saudi. Fenomena alam hujan salju di Arab Saudi pernah juga terjadi pada tanggal 23 November 2016 menyebabkan suhu udara mencapai mines empat derajat Celcius terutama di kawasan Turaif berdekatan dengan perbatasan utara Arab Saudi. Kejadiannya disertai dengan hujan turun sangat lebat disertai dengan kilat lalu datanglah banjir besar melanda sejumlah daerah di Arab Saudi.

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel