Lakukan Kebiasaan Pagi Hari Ini untuk Membantu Pengurusan Tubuh yang Ideal

30 Jul 2024 18:35 200 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lakukan Kebiasaan Pagi Hari Ini Untuk Membantu Pengurusan Tubuh Yang Ideal

Memiliki berat badan ideal adalah idaman hampir semua orang. Agar berat badan menjadi seimbang tentunya anda wajib menjaga pola makan sehat dan diimbangi dengan olahraga teratur. Jika dua hal ini jarang dilakukan, maka dapat menyebabkan berat badan naik hingga obesitas. Kalau sudah obesitas maka sejumlah penyakit berbahaya bisa menyerang anda mulai dari stroke, jantung hingga diabetes. Tapi jangan kuatir, sebenarnya ada banyak kebiasaan yang bisa dilakukan di waktu pagi hari agar berat badan berkurang. Lantas apa saja kebiasaan tersebut ?

1/ Minum air putih

Kebiasaan pertama yang bisa anda lakukan adalah minum air putih di pagi hari. Dilansir dari WebMD, mengkonsumsi air putih di pagi hari dapat merangsang sistem pencernaan dan membuatnya tetap menjadi aktif. Hal ini membuat proses metabolisme akan menjadi semakin meningkat yang mana juga ikut mempengaruhi berat badan agar cepat turun.

2/ Meditasi atau latihan pernapasan

Jika anda mempunyai waktu luang di pagi hari, cobalah lakukan meditasi atau latihan pernapasan sejenak. Karena meditasi dapat membantu mengurangi tingkat stress dan kecemasan yang bisa memicu perilaku overeating atau emoyional eating.

3/ Menimbang berat badan

Beberapa orang merasa takut dan insecure setiap kali menimbang berat badan. Padahal cara ini dapat membantu anda dalam mengurangi berat badan. Rutin menimbang berat badan di waktu pagi hari dan mencatat hasilnya dapat menjadi motivasi tersendiri untuk menurunkan berat badan, apabila berat badan terus menurun secara konsisten, hal ini dapat membuat anda menjadi lebih sehat. Disarnkan untuk menimbang berat badan di waktu pagi hari setelah baung air kecil dan BAB karena tubuh sedang memproses makanan dan minuman di hari sebelumnya saat anda sedang tidur, sehingga perut relatif kosong saat menimbang berat badan. Jadi hasilnya menjadi lebih akurat.

4/ Berjemur di waktu pagi hari

Paparan sinar matahari di pagi hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian, namun tak hanya itu, sinar matahari juga membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa paparan cahaya matahari di pagi hari ternyata mampu mengurangi berat badan. Untuk bisa merasakan efeknya, disarankan untuk berjemur selama 10-15 menit lalu dibarengi dengan olahraga ringan.

5/ Sarapan tinggi protein

Sarapan merupakan hal penting yang bisa dilakukan sebelum menjalani aktivitas sehari-hari dimana agar stamina tetap terjaga sekaligus mencegah berat badan naik, konsumsi sarapan pagi yang tinggi protein seperti telur, susu, daging ayam, tahu, tempe, ikan salmon, dan kacang hijau. Sebab dengan mengkonsumsi sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi nafsu makan, sehingga bikin anda tidak mudah lapar, dimana kadang-kadang banyak orang yang senang ngemil untuk mengatasi lapar padahal kebiasaan ini dapat menyebabkan berat badan naik. Protein bekerja dengan cara menurunkan kadar ghrelin, yakni hormon yang bertanggungjawab meningkatkan nafsu makan. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian terhadap 15 pria yang rutin mengkonsumsi sarapan berprotein tinggi maka hasilnya mereka jadi tidak mudah alapr karena protein dapat menekan kadar ghrelin.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel