Beberapa Contoh Hasil Hutan Bukan Kayu yang Bermanfaat

4 Oct 2022 12:45 1295 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa Contoh Hasil Hutan Bukan Kayu Beserta Manfaat Di Dalamnya

Secara garis besar hasil hutan yang bisa anda temukan tidak hanya berkutat seputar kayu saja melainkan ada banyak sekali contoh hasil hutan bukan kayu yang bisa dijumpai dari dalam hutan. Setiap hasil hutan bukan kayu mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda-beda, beberapa hasil hutan non kayu tersebut akan dibahas melalui penjelasan artikel kami tersebut di bawah ini.

1/ Gaharu

Contoh hasil hutan bukan kayu yang pertama adalah bernama gaharu. Mungkin anda belum mengenal sekali yang namanya gaharu. Yang dimaksud dengan gaharu adalah salah satu hasil hutan yang di dapat dengan cara melukai bagian dari pohon bernama Aquilaria Malaccensis dimana bagian yang dilukai ini kemudian dipakas untuk terinfeksi jamur bernama Fusarium Sp. Dari hasil infeksi inilah kemudian akan muncul gaharu yang mengeluarkan bau harum. Meskipun gaharu berbentuk seperti kayu, namun dimasukkan ke dalam kategori hasil hutan bukan kayu karena yang dimanfaatkan adalah resin yang ada di dalamnya. Melalui resin inilah kemudian digunakan untuk berbagai macam produk seperti parfum dan beberapa wewangian yang lainnya.

 

2/ Gondorukem

Gondorukem adalah salah satu dari beberapa hasil hutan yang tak termasuk ke dalam golongan kayu. Hasil hutan yang satu ini diperoleh dengan cara menyadap getah pohon pinus. Gondorukem dikumpulkan melalui proses destilasi atau penyulingan getah pohon pinus. Gondorukem adalah salah satu bentuk dari potensi sumber daya alam hutan di Indonesia yang berbentuk beragam jenis dengan memiliki banyak manfaat. Pada umumnya gondorukem di Indonesia didapatkan dengan menyadap getah pohon pinus jenis merkusii. Kebanyakan penyadapan terhadap getah pohon ini ditemukan di bagian provinsi Sumatera, ini adalah salah satu provinsi dengan hutan paling luas di Indonesia.

 

3/ Kertas

Contoh hasil hutan bukan kayu yang berikutnya adalah kertas. Hasil hutan yang satu ini merupakan salah satu hasil hutan yang cukup sering dan cukup banyak ditemukan. Dimana diketahui bahwa manusia memang tak pernah bisa lepas dari yang namanya kertas. Ada banyak sekali aspek kehidupan yang berhubungan secara langsung dengan yang namanya kertas. Meskipun saat ini kemajuan teknologi kian cepat, tetapi posisi kertas memang sangat sulit untuk digantikan. Kertas dibuat dengan menghancurkan serat pada kayu atau biasa disebut dengan nama bubur kayu atau pulp.

 

4/ Minyak Atsiri

Bentuk pemanfaatan hutan yang berkaitan dengan pengelolaan hasil hutan adalah ditemukannya minyak atsiri. Pada beberapa jenis pohon yang ada di dalam hutan baik itu hutan homogeny maupun hutan heterogen terdapat beberapa jenis pohon yang mengeluarkan aroma tertentu. Dalam pohon ini terdapat senyawa kimia yang disebut dengan istilah atsiri. Untuk mendapatkan atsiri tersebut haruslah diekstrak terlebih dahulu yang biasanya dengan cara destilasi pada daun. Beberapa contoh tumbuhan yang cukup terkenal sebagai penghasil minyak atsiri adalah kayu putih.

 

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel