10 Aplikasi Membuat Komik Online Gratis

28 Dec 2015 13:10 7233 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Orang yang tidak bisa menggambar juga mampu membuat komik.

Komik yang kita kenal sebagai media hiburan visual bukanlah sebuah hiburan yang hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja.

Dengan menggunakan komik sebagai media, seseorang dapat memberitakan atau menceritakan suatu hal dengan gaya yang unik serta menghasilkan pengalaman tersendiri.

Namun satu hal yang membuat seseorang enggan membuat komiknya sendiri adalah karena mereka tidak bisa menggambar. Karena pada umumnya, seseorang dapat membuat komiknya sendiri jika mereka bisa menggambarkan apa yang ingin mereka ceritakan.

Itu mungkin dulu, karena sekarang siapapun, bahkan yang tidak berbakat dalam menggambar, bisa membuat komik mereka masing-masing secara online hanya dengan beberapa klik saja.

Di bawah ini adalah 10 Tools online yang dapat dipergunakan untuk menciptakan komik buatan Anda sendiri walaupun Anda tidak memiliki bakat untuk menggambar.

 

1. Witty Comics

Tool online ini akan sangat berguna bagi mereka yang berprofesi sebagai seorang guru ataupun pelajar yang sedang belajar bahasa asing. Layanan dari Tool ini memungkinkan untuk penggunanya menggambar dialog dari dua karakter berbeda.

Cara menggunakannya sendiri cukup mudah. Anda tinggal memilih latar belakang gambar yang diinginkan, memilih karakter dan menambahkan teks pada gambar tersebut.

 

2. Write Comics

Adalah tool sederhana lainnya yang fungsinya adalah untuk membuat cerita bergambar (komik). Untuk menggunakan aplikasi atau tool ini, Anda tidak perlu mengisi berbagai formulir terlebih dahulu karena Anda langsung dapat memilih gambar latar belakang, karakter dan balon percakapan yang kemudian akan berubah menjadi sebuah komik.

 

3. Strip Generator

Aplikasi ini tidak begitu memberikan kebebasan kepada Anda karena dalam menggunakan aplikasi ini, Anda hanya dapat menggunakan karakter dan gambar latar yang sudah disediakan.

Walaupun begitu, pada aplikasi ini terdapat banyak pilihan yang dapat dipilih untuk membuat sebuah komik. Untuk menciptakan sebuah komik dengan menggunakan aplikasi ini, yang harus Anda lakukan hanyalah memilih frame yang Anda suka lalu memasukkan karakter dan objek yang Anda inginkan ke dalam frame tersebut.

 

4. Pixton

Adalah sebuah aplikasi pembuat komik online yang penggunaannya cukup mudah yaitu dengan proses “drag and drop” saja. Untuk memulai menggunakan aplikasi ini, yang harus Anda lakukan adalah bergabung dengan komunitas Pixton dan barulah Anda dapat mulai berbagi komik hasil karya Anda dengan orang lain.

 

5. Chogger

Chogger adalah sebuah aplikasi gratis yang menyediakan layanan untuk membuat komik dengan tool untuk mengedit yang cukup lengkap.

Dalam membuat sebuah komik, Anda dapat menggunakan gambar buatan Anda sendiri ataupun memilih gambar yang sudah disediakan oleh Chogger. Selain itu, Anda juga dapat mengambil gambar melalui webcam untuk kemudian memasukkannya ke komik yang sedang Anda buat.

 

6. Comic Master

Adalah sebuah situs berbasis Flash yang sangat mudah digunakan. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat membuat pahlawan orisinil buatan Anda sendiri untuk komik Anda serta memadukannya dengan cerita orisinil yang juga buatan Anda.

Disini, Anda akan dituntun melalui langkah-langkah mudah membuat komik yang dimulai dengan membuat layout yang diakhiri dengan hasil komik yang akan membuat Anda sebagai pembuatnya sendiri merasa kagum.

 

7. ToonDoon

Adalah sebuah aplikasi membuat komik yang memberikan kebebasan pada imajinasi Anda. Karena dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat berbagai hal untuk komik Anda secara bebas, mulai dari persona hingga berbagai jenis objek yang ingin Anda munculkan pada komik Anda.

Terlebih lagi, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan foto diri Anda di dalam komik dan tentunya foto tersebut dapat Anda manipulasi atau edit sesuka Anda.

 

8. MakeBeliefsComix

Adalah sebuah situs aplikasi membuat komik gratis yang sangat cocok bagi para pemula karena banyaknya karakter, template serta petunjuk bagi mereka yang benar-benar baru pertama kali membuat komik secara online.

Membuat komik dengan menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, bahkan seorang anak SD saja dapat menggunakan aplikasi ini tanpa masalah berarti.

Yang mungkin menjadi nilai minus dari aplikasi ini adalah warna dari karakter yang tidak bisa dirubah dari warna dasarnya yaitu hitam dan putih.

 

9. Bitstrips

Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk membuat versi kartun dari diri Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memberikan versi kartun dari diri Anda sebuah gaya rambut baru, menambahkan makeup, hingga mengganti pakaian dengan pakaian yang diinginkan.

Aplikasi ini cukup populer di kalangan para pengguna komputer hingga pengguna perangkat Apple.

 

10. Create Your Own Comic by Marvel

Marvel Comics yang juga dikenal sebagai penerbit komik dan hal lainnya yang berhubungan dengan komik di Amerika meluncurkan sebuah situs yang fungsi dari situsnya sendiri adalah untuk membuat komik dengan mudah dan keren.

Ketika Anda menggunakan situs ini, Anda dapat memilih berbagai pilihan scene, karakter dan objek dari Marvel Comic Universe lalu kemudian menggabungkannya dengan cerita orisinil buatan Anda.

 

Tags

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel