5 Situs Gratis Belajar Mengetik

3 Nov 2015 12:20 4438 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ingin belajar atau meningkatkan kemampuan mengetik? Coba situs berikut ini.

Mengetik adalah sebuah skill atau kemampuan yang hingga sekarang masih dianggap sepele dan kadang tidak mendapat cukup perhatian.

Padahal ilmu mengetik sebenarnya adalah sebuah ilmu yang sangat penting, khususnya bagi mereka yang setiap harinya selalu berhadapan dengan mesin tik ataupun komputer. Namun, kebanyakan orang beranggapan bahwa kemampuan mengetik itu dapat didapat oleh setiap orang selama orang tersebut sering mengetik secara rutin.

Walaupun benar seperti itu adanya, apa yang telah orang-orang anggap sebagai cara untuk menguasai kemampuan mengetik tersebut tidaklah efisien dimana waktu yang dibutuhkan untuk menguasai keyboard atau mesin tik secara keseluruhan akan memakan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan mereka akan lebih fokus pada apa yang mereka ketik dibanding belajar mengetik.

Oleh karena itu, belajar mengetik dengan fokus tanpa begitu memperdulikan apa yang diketik adalah cara paling cepat untuk menguasai ilmu mengetik.

Di bawah ini adalah 5 situs gratis untuk belajar mengetik yang di dalam situs-situs tersebut terdapat hal-hal yang membuat mengetik lebih menantang dan tidak membosankan.

 

1. Sense-Lang.org

Situs ini menawarkan tutorial dengan kelas premium dimana setelah lulus, mereka yang mengikuti kelas premium tersebut akan diberikan sertifikat. Sedangkan bagi mereka yang masih pemula dan tidak membutuhkan sertifikat, versi gratis pun tersedia.

Situs ini menawarkan berbagai fitur seperti Typing Games dimana terdapat permainan-permainan yang meningkatkan kemampuan kita dalam mengetik dan mengurangi atau bahkan menghilangkan kebosanan kita ketika mengetik.

Selain itu, bagi mereka yang ingin menguji kemampuan mengetiknya, terdapat juga fitur “Test” dimana topik yang bisa dipilih untuk pengujian tersebut dapat dipilih antara teks bawaan situs atau teks yang berupa berita dari BBC News.

 

 

2. 10Fastfingers.com

Pada situs ini, selain kita bisa belajar untuk mengetik. Kita juga bisa melihat seberapa cepat kita mengetik. Pengukuran kecepatan yang dilakukan oleh situs ini adalah berdasarkan seberapa banyak kita dapat mengetik di dalam waktu satu menit dengan bahasa yang tentunya dapat kita pilih sendiri.

Selain itu, terdapat juga sebuah fitur kompetisi dimana para pengetiknya diberi waktu selama 1 menit untuk mengetik kata yang tertulis di situs tersebut sebanyak-banyaknya.

Hasil akhir dari mengetik selama 1 menit tersebut kemudian akan diurutkan berdasarkan skor tertinggi ke dimana setiap harinya akan di-reset. Hal ini tentunya merupakan tantangan tersendiri khususnya bagi mereka yang punya jiwa kompetisi.

 

3.  Powertyping.com

Situs yang menyediakan tutorial atau petunjuk tentang bagaimana cara mengetik dengan benar baik itu anak-anak ataupun orang dewasa. Yang membedakan situs ini dengan situs latihan mengetik lainnya adalah tipe keyboardnya.

Jika pada situs-situs latihan mengetik pada umumnya menggunakan keyboard QWERTY saja. Pada situs ini para pengunjungnya dapat juga memilih keyboard DVORAK dengan petunjuk penggunaan dan pelatihan yang cukup mendetil.

Dari pemula yang baru-baru ini menyentuh keyboard hingga mereka yang ingin memperlancar kemampuan mengetik dapat menggunakan situs ini.

 

4. Goodtyping.com

Pada situs ini, para pengunjung akan diajarkan secara step-by-step tentang bagaimana cara mengetik dengan 10 jari. Atau bagi mereka yang terbiasa mengetik dengan jari simbol perdamaian ataupun tiga jari, pada situs ini juga diajarkan bagaimana untuk mengganti gaya mengetik tersebut (bagi yang berminat).

Latihan mengetik pada situs ini pun tersedia dengan berbagai bahasa dan juga berbagai jenis keyboard.

 

5. Keybr.com

Mungkin adalah situs latihan mengetik yang paling sederhana dibandingkan dengan keempat situs lainnya yang sudah penulis jelaskan di atas.

Tampilan antarmuka pada situs ini cukup berwarna dan mudah dimengerti oleh siapapun. Yang menjadi kekurangan situs ini mungkin adalah bahasanya yang hanya tersedia dalam satu bahasa saja, yaitu bahasa Inggris.

Selain kita dapat belajar dan meningkatkan kemampuan kita dalam mengetik, pada situs ini juga terdapat sebuah game yang dimainkan secara online dan real-time. Jenis gamenya sendiri adalah game balap mobil yang setiap mobilnya mewakili satu orang peserta yang berpartisipasi.

Cara bermainnya adalah, ketika teks muncul di layar dan hitungan mundur telah selesai, para peserta harus langsung mulai mengetik. Semakin cepat seorang peserta mengetik teks yang ada di layar, semakin cepat juga ia mencapai garis finish.

 

Kesimpulan

Semua situs di atas adalah situs untuk belajar dan meningkatkan kemampuan mengetik kita. Setiap situsnya memiliki cara tersendiri dalam memberikan pelatihan dan petunjuk bagi mereka yang ingin belajar mengetik.

Selain itu, bagi yang bosan mengetik, setiap situsnya juga menyediakan game yang dapat menghilangkan rasa bosan tersebut sekaligus meningkatkan kemampuan mengetik kita. [FM]

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel