Google Keep Aplikasi Terbaru dari Google Untuk Menyaingi Evernote

2 Jul 2013 20:00 4858 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda sering menggunakan Evernote? Seperti yang Anda ketahui, Evernote sebuah aplikasi yang berguna untuk membuat catatan (notes), menyimpan ide-ide, maupun mengumpulkan artikel-artikel yang sering ditemukan saat browsing internet serta didukung dengan berbagai macam akses ke perangkat digital seperti desktop, smartphone, iPad dan sebagainya.

Bagi Anda yang sudah biasa menggunakan fasilitas aplikasi macam Evernote, mungkin Anda juga cocok dengan Google Keep. Ini adalah layanan dari sebuah aplikasi catatan yang dapat digunakan pada platform Android 4.0 keatas maupun pada aplikasi web. Google Keep memang sengaja diluncurkan oleh Google guna menyaingi Evernote yang sudah menjadi salah satu aplikasi populer pada platform Android. Dengan aplikasi Google Keep penggunanya bisa mencatatkan hal-hal penting maupun membuat daftar kegiatan dan berbagai catatan lain. Selain itu, para pengguna Google Keep juga dapat membuat catatan yang dilengkapi dengan daftar foto maupun rekaman suara melalui perangkat smartphone, tablet dan PC.

Google Keep memperbolehkan penggunanya untuk mencatat catatan apapun secara cepat. Hal ini diimplementasikan dengan cara apabila Anda sedang tidak dapat mengetik, maka Google keep menyediakan pembuatan 'voice memos', sebuah memo yang berbasis suara. Selain itu, Google keep juga menawarkan fitur searching cepat dari daftar memo yang mungkin sudah sangat banyak di catat karena mungkin Anda adalah orang yang sibuk. Saat Anda sudah selesai dengan catatan terkait, maka catatan tersebut tidak harus langsung dihapus, karena Anda dapat menentukan catatan tersebut untuk dijadikan arsip atau memang benar-benar ingin dihapus.

Pada setiap catatan yang sudah dibuat, dapat langsung disimpan secara mudah dalam Google Drive. Fitur inilah yang tentunya akan sangat memudahkan pengguna jika ingin mengakses maupun melihat catatan tersebut meskipun dari perangkat yang berbeda. Untuk versi aplikasi Web dari Google Keep juga sama fiturnya dengan versi aplikasi dalam Android, yakni untuk memungkinkan penggunanya melakukan sinkronisasi. Secara teknis, artikel yang dibuat dengan aplikasi Google Keep dan dapat dibagikan ke aplikasi lain dengan cara menggunakan pilihan share pada fitur Google Keep. Dapat pula melakukan Editing lanjutan dengan memanfaatkan aplikasi WordPress. Hanya saja, untuk proses editing ini tidak tersedia menu font yakni menu untuk mengganti font, efek tulisan, dan besar font maupun opsi warna tulisan, seperti yang biasa Anda ditemui pada Evernote.

Pada Online Google Keep dalam web seperti yang telah dijelaskan diatas, sudah tersinkronisasi dengan akun gmail milik Anda, inilah yang menjadi ciri khas dalam setiap layanan dari Google. Sayangnya, belum tersedia modus offline-nya Google Keep. Tampilannya, warna dasar pada Note (catatan) Google Keep ini dapat diganti sesuai keinginan. Fitur pewarnaan ini agaknya cukup membantu untuk mengelompokkan kategori catatan. Dan kekurangan lain dari Google Keep, tidak tersedia fitur Tag untuk pengelompokan catatan, padahal fitur ini sudah ada dalam Evernote. Lebih lanjut, saat Anda ingin memasukkan foto di dalam sebuah catatan, maka foto tersebut akan muncul pada bagian atas sebagai fitur gambar. Inilah yang menjadi merisihkan, karena membuat penggunanya tidak dapat menyisipkan foto pada tengah-tengah artikel. Jika Anda memasukan foto kedua dan seterusnya, letaknya juga ditempat yang sama berjejeran.

Salah satu yang menjadi kekurangan Google Keep, foto yang dimasukkan haruslah foto yang Anda ambil dengan menggunakan kamera saja. Artinya memang tidak ada opsi untuk memasukkan foto yang sudah ada dalam memori perangkat, khususnya smartphone. Namun setidaknya, kemampuan kamera yang muncul di sini merupakan murni kemampuan kamera yang ada pada handset yang Anda pakai.

Aplikasi terbaru Google Keep ini sangat pas digunakan oleh Anda untuk kebutuhan pencatatan digital sehari-hari. Sebagai aplikasi yang terbilang masih baru, Google Keep memang masih butuh perbaikan, khususnya pada fitur text editor-nya, sehingga dapat mengakomodasi tampilan Rich Text Format maupun HTML. Perbaikan lain yang harus dilakukan adalah mode offline, karena tidak semua orang sedang mengakses koneksi internet. Bahkan akan lebih baik apabila Google Keep juga dapat tersinkronisasi dengan Google Calendar dan Google Docs, bukan hanya Gmail.

Untuk penggunaan Google Keep berbasis web, Anda bisa mengaksesnya di sini. Namun jika Anda membutuhkan aplikasi ini untuk dipasangkan pada perangkat Android, Anda bisa mengunduhnya di sini dengan ukuran file Google Keep Android hanya 1.5 MB dan khusus untuk OS minimal 4.0 ke atas. Pengembangnya tentu adalah Google Inc. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel