Adu Kuat Smartphone Berkamera 8 Megapixels - HTC Sensation VS Nokia E6

8 Mar 2012 18:00 2621 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
HTC Sensation dan Nokia E6 termasuk ponsel baru yang masuk ke pasar Indonesia. Desain keduanya berbeda, HTC Sensation hadir dengan teknologi layar sentuh, berdesain *unibody* yang menggunakan material aluminium yang membuat ponsel ini kelihatan kokoh namun ringan. Sedangkan Nokia E6 berdesain *candybar* QWERTY *keyboard*.

HTC Sensation dan Nokia E6 termasuk ponsel baru yang masuk ke pasar Indonesia. Desain keduanya berbeda, HTC Sensation hadir dengan teknologi layar sentuh, berdesain unibody yang menggunakan material aluminium yang membuat ponsel ini kelihatan kokoh namun ringan. Sedangkan Nokia E6 berdesain candybar QWERTY keyboard.

Keduanya sama-sama memiliki kamera 8 megapixels, namun manakah di antara keduanya ini yang memiliki fitur-fitur yang lebih unggul?

Dimensi

HTC Sensation meski memakai material alumunium yang diklaim kokoh dan ringan, ternyata memiliki ukuran dan bobot yang lebih besar dibandingkan Nokia E6. HTC Sensation berdimensi 126.1 x 65.4 x 11.3 mm dengan bobot 148 gram, sedangkan lawannya Nokia E6 berukuran 115.5 x 59 x 10.5 mm dengan bobot 133 gram.

Layar

Kalah pada dimensinya yang lebih besar, HTC Sensation unggul dalam layarnya dibandingkan Nokia E6. HTC Sensation menggunakan layar sentuh (touchscreen) dengan ukuran 4.3 inchi dan bersolusi 540 x 960 pixels. Sedangkan Nokia E6 memiliki layar sentuh yang hanya berukutan 2.46 inchi dan resolusi 640 x 480 pixels. Namun, keduanya sudah dilapisi dengan Gorilla Glass.

Kamera

Sebagaimana yang menjadi dasar perbandingan keduanya, bahwa baik HTC Sensation maupun Nokia E6 memiliki kamera utama 8 megapixels dengan dua LED Flash. Meski demikian, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kamera HTC Sensation ini seperti kameranya sudah autofokus, mampu merekam video HD 1080p. Nokia E6 memiliki kamera yang masih fixed focus, hanya mampu merekam video HD 720p. keduanya sudah dilengkapi dengan kamera depan dengan resolusi VGA.

Performa

Soal kinerjanya, rupanya HTC Sensation juga lebih unggul dibandingkan Nokia E6. HTC Sensation menggebrak pasar dengan menggunakan OS Android 2.3 Gingerbread dengan tampilan HTC Sense UI 3.0, ditenagai oleh processor dual core 1.2 GHz, RAM-nya berkapasitas 768MB. Sedangkan Nokia E6 ber-OS Symbian^3 Anna dengan ditenagai oleh procesor single core 680MHz, RAM 256MB.

Memori dan fitur lainnya

Untuk memorinya, Nokia E6 lebih unggul dengan memori internalnya mencapai 8GB, sedangkan HTC Sensation hanya mmeiliki memori internal 1GB saja. Namun keduanya sudah dilengkapi dengan slot microSD up to 32GB. Untuk fitur jaringannya, Nokia E6 sudah didukung oleh quad band 2G, WiFi dengan JoikuSpot Premium, Bluetooth 3.0. demikian juga dengan HTC Sensation yang sudah didukung oleh jaringan quad band GSM/GPRS/EDGE, jaringan 3G dengan HSDPA 14.4 Mbps, WiFi, dan Bluetooth 3.0

Kesimpulan

Perbandingan di atas memperlihatkan bahwa HTC Sensation unggul dalam beberapa lini seperti layar, kepemilikan kamera, dan performanya yang sudah menggunakan OS Android 2.3 Gingerbread. Sedangkan Nokia E6 unggul dalam dimensi dan memori internal yang mencapai 8 megapixels. [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel