Perbandingan Head to Head Android Middle-End - Samsung Galaxy R dan LG Optimus 2X Star

27 Feb 2012 18:30 3047 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mendengar kata *middle-end* dan *dual core* adalah merupakan hal yang berbeda tentunya. Apalagi dengan hadirnya dua ponsel *dual core* Samsung Galaxy R dan LG Optimus 2X Star. Yang apabila kita melihat dari kaca mata awam, Samsung saat ini sedang menguasai pangsa ponsel Android bahkan telah berhasil menyaingi ponsel ternama iPhone.

Pada artikel ini, Paseban akan mengulas perbandingan ponsel Android yang dikenal menguasai jajaran ponsel middle-end. Kedua ponsel ini dikenal dipersenjatai dengan prosesor dual core-nya yang mumpuni dan telah mempunyai penggemarnya masing masing. Namun secanggih apapun ponsel yang beredar, pasti ada perbedaan dengan ponsel middle-end yang lainnya. Entah itu perbedaan yang membuat ponsel ini memiliki kelebihan ataupun kekurangan bila dibandingkan dengan ponsel yang menduduki kasta yang setara. Berikut ulasan dari perbandingan ponsel android Samsung Galaxy R dan LG Optimus 2X Star.

Mendengar kata middle-end dan dual core adalah merupakan hal yang berbeda tentunya. Apalagi dengan hadirnya dua ponsel dual core Samsung Galaxy R dan LG Optimus 2X Star. Yang apabila kita melihat dari kaca mata awam, Samsung saat ini sedang menguasai pangsa ponsel Android bahkan telah berhasil menyaingi ponsel ternama iPhone.

Jadi disini telah muncul dua ponsel middle-end dengan prosesor dual core-nya. Samsung Galaxy R dan LG Optimus 2X Star yang akan dibandingkan secara head-to-head agar bisa diketahui mana yang lebih unggul dari kedua ponsel ini.

Dimensi

LG Optimus 2X Star memamerkan ketebalan ponselnya dengan dimensi 10.99mm lebih tebal dibandingkan Samsung Galaxy I9103 R yang hanya 9.55mm. Untuk urusan dimensi, Samsung Galaxy I9103 R lebih unggul daripada LG Optimus 2X Star.

Layar

Sedangkan untuk layar, kedua ponsel ini mengusung layar WVGA IPS LCD dan WVGA SC-LCD untuk Galaxy R dengan lebar layar masing masing 4.2’’ untuk Galaxy R dan 4’’ untuk LG Optimus. Untuk urusan layar Samsung lebih unggul dibanding dengan kompetitornya. Dan LG Optimus pun harus mengalah pada Samsung yang sebelumnya unggul pada kriteria dimensi

Performa

Kedua ponsel ini mengusung sistem Android Gingerbread, untuk urursan performa, kedua ponsel ini sebanding kuat. Karena juga mengusung prosesor dual core. Namun RAM kedua ponsel ini mempunyai kapasitas yang berbeda. Kubu Samsung membawa RAM 1GB sementara LG hanya 512MB.

Kamera dan Multimedia

Apabila Anda merujuk pada kategori kamera, maka kita akan mendapatkan bahwa LG lebih unggul dibandingkan Samsung. LG mengusung kamera dengan kekuatan 8 MP. Sedangkan Samsung harus mengalah pada 5 MP saja. Jika dilihat dari kekuatan kamera, maka Anda bisa menyimpulkan bahwa makin besar kekuatan kamera, maka lebih unggul dalam kemampuan merekam video. LG dengan 8MP kameranya mamapu merekam kamera sebesar 1080p sedangkan Samsung yang hanya sebesar 5MP hanya bisa merekam 720p.

Baterai

Untuk daya tahan, Galaxy R lebih unggul dari LG. Samsung mempunyai kapasitas baterai 150mAh. Galaxy R dapat bertahan selama 5 jam 7 menit untuk melakukan koneksi internet, sedangkan Optimus hanya mampu bertahan selama 4 jam 54 menit. Sedangkan untuk pemutaran video Samsung mampu bertahan selama 6 jam 21 menit, dan Optimus menyerah pada 5 jam 20 menit.

Kesimpulan dari perbandingan ponsel Android ini ialah LG Optimus 2X Star merupakan ponsel yang memiliki kejayaan di antara saudara saudara lainnya yang satu produk. Sedangkan Samsung Galaxy R merupakan versi ‘murah’ dari Samsung Galaxy S II. Namun pada perbandingan kali ini, LG Optimus lebih unggul, dilihat dari kamera yang terpasang. Namun hanya harus mengalah pada layar yang unggul oleh Samsung Galaxy R dan daya tahan yang mampu diusung oleh Galaxy R.

Namun pilihan kembali kepada Anda masing masing. Apabila Anda ingin ponsel yang memiliki kemampuan yang mumpuni, LG Optimus 2X Star lah yang layak Anda pinang, namun apabila Anda mementingkan segi fisik dan design, Samsung merupakan pilihan tepat bagi Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel