Deteksi Dini Bencana Gempa Bumi dengan Aplikasi Gempa Gempaloka

27 Feb 2012 09:25 8030 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perangkat smartphone BlackBerry saat ini telah digunakan oleh banyak pengguna di Indonesia. Mereka tersebar ribuan pulau yang tersebar di Nusantara. Pemanfaatan berbagai aplikasi pun dapat membantu pengguna perangkat ini agar dapat mendapatkan berbagai informasi penting yang dibutuhkan pada saat tertentu.

Perangkat smartphone BlackBerry saat ini telah digunakan oleh banyak pengguna di Indonesia. Mereka tersebar ribuan pulau yang tersebar di Nusantara. Pemanfaatan berbagai aplikasi pun dapat membantu pengguna perangkat ini agar dapat mendapatkan berbagai informasi penting yang dibutuhkan pada saat tertentu. Termasuk informasi mengenai gempa. Jika sebelumnya telah bertebaran aplikasi gempa yang dapat digunakan pada perangkat seperti Android dan iOS, kali ini pengguna BlackBerry pun dapat memanfaatkan aplikasi gempa bernama Gempaloka.

Anda tidak mungkin dapat memprediksi gempa, tapi dapat mencegah kerugian yang dihasilkan akibat kejadian tersebut. Aplikasi gempa yang dikembangkan oleh pengembang lokal bernama 7langit ini akan memberikan informasi langsung dari perangkat BlackBerry Anda tentang lokasi dan letak geografis gempa dengan latitude mendekati equator. Seperti yang telah diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah gempa terbanyak di dunia. Aplikasi gempa ini menggunakan sumber informasi langsung dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia. Dengan begitu, informasi yang Anda dapat dari aplikasi gempa ini tentunya dapat dipercaya.

Anda akan mendapatkan notifikasi terkait informasi terbaru mengenai gempa yang sedang terjadi. Untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai lokasi gempa, Anda dapat menggunakan peta yang telah tersedia di dalam aplikasi gempa ini. Sementara Anda pun dapat menyimpan data tersebut dan membagikannya melalui email, jejaring sosial, atau media lainnya. Selain berbagi, Gempaloka pun memungkinkan Anda untuk mengetahui detail infromasi gempa dan kemudia menyimpannya ke clipboard. Anda hanya perlu menekan menu BlackBerry kemudian aplikasi akan menampilkan opsi "Save Data To Clipboard."

Daftar lokasi yang dapat diakses melalui aplikasi Gempaloka ini diurut berdasarkan waktu. Jika kekuatan gempa terasa kuat, angka kekuatan gempa akan muncul dengan ukuran lebih besar dan diikuti dengan waktu serta lokasi kejadian. Dengan tampilan daftar lokasi tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan cepat dan akurat.Yang patut Anda garis bawahi adalah aplikasi gempa ini hanya sekadar alat yang dapat membantu menginformasikan gempa yang terjadi di Indonesia, bukan memberikan peringatan. Dengan begitu, aplikasi Gempaloka ini dapat menjadi opsi bermanfaat ketika situs BMKG atau informasi gempa di media massa sulit untuk diakses. Bagi Anda yang tertarik menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis langsung dari App World. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel