Adu Fitur Ponsel Berkamera 5 Megapiksel: Ponsel Motorola Defy vs LG Optimus Black

24 Feb 2012 11:00 3115 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tak bosan-bosannya Paseban mencoba menghadirkan perbandingan smartphone yang berkualitas bagi Anda pembaca setia. Dan kali ini, Paseban akan mencoba mengetengahkan pertarungan dua smartphone yang memiliki kesamaan dalam hal kepemilikan kameranya: ponsel Motorola Defy versus LG Optimus Black. Sebenarnya bukan hanya sama-sama berkamera 5 megapixels saja, kedua ponsel ini juga sama-sama berbanderol di atas Rp 3 jutaan.

Tak bosan-bosannya Paseban mencoba menghadirkan perbandingan smartphone yang berkualitas bagi Anda pembaca setia. Dan kali ini, Paseban akan mencoba mengetengahkan pertarungan dua ponsel yang memiliki kesamaan dalam hal kepemilikan kameranya: ponsel Motorola Defy versus LG Optimus Black. Sebenarnya bukan hanya sama-sama berkamera 5 MP saja, kedua ponsel ini juga sama-sama berbanderol di atas Rp 3 jutaan.

Dimensi

Ponsel Motorola Defy berukuran lebih ringan dan ramping dengan dimensi 107 x 59 x 13.4 mm dengan berat 118 gram. Sementara pesaingnya LG Optimus Black berukuran 122 x 64 x 9.2 mm dengan berat 109 gram.

Layar

Ukuran yang lebih besar membuat LG Optimus Black memiliki ukuran layar yang juga lebih besar dibandingkan lawan tandinganya Motorola Defy. Layar sentuh (touchscreen) LG Optimus Black 4.0 inci telah didukung teknologi tercanggih saat ini, yakni Nova. Sedangkan ponsel Motorola Defy memiliki ukuran touchscreen 3.7 inci dengan teknologi Gorilla Glass.

Kamera

Ternyata selain berharga sama, kesamaan lainnya juga terdapat pada penggunaan kamera. Ponsel Motorola Defy dan LG Optimus Black sama-sama memiliki kualitas kamera sebesar 5 MP. Tetapi, Motorola Defy tidak dibekali kemampuan untuk merekam video HD serta tidak dilengkapi dengan kamera depan. Berbeda dengan LG Optimus Black yang dibekali kemampuan untuk merekam video HD dan dilengkapi kamera depan sebesar 2 MP.

Performa

Keduanya memang telah menggunakan teknologi Android untuk mendukung kinerja dan performanya. Namun versi Android yang digunakannya keduanya berbeda. Ponsel Motorola Defy memakai Android 2.1 Éclair yang tentunya bisa di-upgrade menjadi versi Android 2.2 Froyo. Sedangkan LG Optimus Black memakai Android 2.2 Froyo yang kemudian bisa di-upgrade menjadi versi 2.3 Gingerbread. LG Optimus memiliki performa yang lebih baik dengan dukungan prosesor Cortex A8 1 GHz, GPU PowerVR SGX530 GP dan juga RAM 512 MB. Sedangkan Motorola Defy ditenagai oleh prosesor Cortex A8 800 MHz dan RAM-nya 512 MB.

Baterai dan Memori

Baterai yang digunakan ponsel Motorola Defy berkapasitas 1540 mAh, sedangkan LG Optimus berkapasitas 1500 mAh. Untuk memori, baik Motorola Defy maupun LG Optimus Black sama-sama memiliki memori internal dengan kapasitas 2 GB dan dukugan slot microSD mencapai 32 GB.

Kesimpulan

Dilihat dari perbandingan di atas, nampaknya LG Optimus Black unggul sedikit di atas pesainganya, yaitu Motorola Defy. LG Optimus Black unggul dalam hal layar berukuran 4.0 inci, dukungan kamera depan sebesar 2 MP, serta memiliki performa yang juga lebih baik. Namun jika Anda banyak bekerja di luar ruangan, ponsel Motorola Defy merupakan pilihan yang lebih cocok untuk Anda. [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel