Aplikasi Handphone Gratis untuk Mengubah Handset Menjadi Speedometer Sepeda

24 Jan 2012 12:00 10826 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Paseban memiliki teman yang baru saja keranjingan dengan *gowes*, istilah bahasa Jawa untuk bersepeda. Di sela-sela aktivitas, Ia menceritakan pengalaman gowes tersebut, Dia juga menyampaikan keluhan tentang harus membeli banyak perlengkapan sepeda.Paseban berpikir *tool* ini yang paling masuk akal dan bisa digantikan dengan sebuah **aplikasi handphone gratis**, sekaligus untuk mengirit biaya.

Paseban memiliki teman yang baru saja keranjingan dengan gowes, istilah bahasa Jawa untuk bersepeda. Di sela-sela aktivitas, Ia menceritakan pengalaman gowes tersebut, Dia juga menyampaikan keluhan tentang harus membeli banyak perlengkapan sepeda. Dia menceritakan kebutuhan lampu untuk sepeda malam, jas hujan, helm, hingga speedometer sepeda di mana jarak tempuh dan kecepatan ia perlukan untuk kepentingan olahraga. Wait a minute, speedometer?

Yang langsung terpikir oleh Paseban saat mendengar kebutuhan speedometer ini adalah, is there an app for that? Dari kebutuhan perlengkapan sepeda lainnya, Paseban berpikir tool ini yang paling masuk akal dan bisa digantikan dengan sebuah aplikasi handphone gratis, sekaligus untuk mengirit biaya.

Iseng dan ingin membantu teman, Paseban mencoba mencari aplikasi handphone gratis yang bisa mengubah handset menjadi speedometer sepeda. Paling masuk akal adalah aplikasi untuk iPhone atau Android. Dan benar, Paseban menemukan aplikasi untuk kedua platform tersebut, berikut aplikasi yang Paseban temukan:

MapMyRIDE+

Aplikasi handphone gratis yang bernama lengkap MapMyRIDE Riding Cycling GPS ini adalah untuk platform Android. MapMyRIDE+ adalah aplikasi yang bisa mengukur kecepatan, jarak, waktu dan rute, kemudian menyimpannya dalam bentuk catatan. Selanjutnya catatan lengkap tersebut bisa Anda review untuk merencanakan kegiatan olahraga selanjutnya.

Karena memang berbasis GPS, aplikasi handphone gratis ini juga dilengkapi dengan peta Google yang bisa membantu sebagai penunjuk jalan sekaligus untuk membantu Anda merencanakan rute gowes Anda.

MapMyRIDE+ juga dilengkapi dengan fitur untuk membantu Anda dalam mengatur asupan nutrisi sebagai pelengkap kegiatan olahraga bersepeda. Dengan meng-input-kan catatan makanan dan minuman apa saja yang Anda konsumsi, ditambah dengan informasi berat badan, Anda bisa mendapatkan semacam saran dari aplikasi handphone gratis ini.

MapMyRIDE+ bisa Anda dapatkan secara gratis di sini. Dari segi harga dan fungsional, jelas aplikasi handphone gratis ini jauh lebih baik daripada membeli speedometer sepeda bukan?

iBike

iBike adalah aplikasi handphone gratis untuk iPhone dengan fungsi yang mirip dengan MapMyRIDE+ pada Android. Namun dari segi fitur aplikasi ini lebih lengkap. iBike memiliki kemampuan mengukur kecepatan, jarak, waktu, bahkan irama, tenaga, hingga detak jantung. Peta GPS juga disediakan oleh aplikasi ini.

Aplikasi iBike ini tersedia secara gratis di Apple App World, tetapi iBike bukanlah aplikasi handphone gratis yang bisa berdiri sendiri seperti MapMyRIDE+. Kelebihan fitur yang dimiliki oleh iBike memang tidak bisa didapatkan apabila berdasarkan GPS saja. Aplikasi iBike adalah bagian dari perangkat bernama Dash Cycling Computer.

Selain docking untuk dipasang sepeda, Dash Cycling Computer dilengkapi dengan wireless sensor untuk mendeteksi kecepatan, jarak, waktu, irama, tenaga, hingga detak jantung. Dengan harga $199 untuk versi basic dan $329 untuk kemampuan lengkap di mana bisa mendeteksi irama, tenaga, hingga detak jantung, iBike memang diperuntukkan untuk Pro Bikers.

Jadi bila dilihat membeli speedometer sepeda atau menggunakan aplikasi handphone gratis sebagai alternatif, kesimpulannya adalah: apabila Anda pengguna Android, jangan membeli speedometer, tetapi gunakan MapMyRIDE+; apabila Anda pengguna iPhone, silakan beli speedometer saja, LOL.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel