1

3 Aplikasi Editing Video Terbaik Untuk Android

20 Sep 2012 18:00 13923 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda pasti sering merekam video melalui kamera Android, baik itu untuk koleksi pribadi maupun untuk Anda bagikan ke teman-teman di YouTube. KiniA Anda bisa mengkreasikannya dengan bantuan beberapa aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda pasti sering merekam video melalui kamera Android, baik itu untuk koleksi pribadi maupun untuk Anda bagikan ke teman-teman di YouTube. Namun terkadang video yang dihasilkan tampak kurang sempurna sehingga Anda harus mengeditnya terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan iPhone tentu hal tersebut tidak menjadi masalah karena terdapat aplikasi iMovie yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan kualitas video yang maksimal. Akan tetapi jika Anda menggunkan Android, maka hal tersebut akan sedikit sulit karena hanya ada sedikit aplikasi editing video yang dapat diandalkan untuk mendapatkan kualitas video yang mumpuni.

Namun Anda tidk perlu berputus asa terlebih dahulu karena pada kesempatan kali ini Paseban akan membahas 3 aplikasi editing video pada Android. Aplikasi tersebut adalah Videocam Illusion, Vidtrim, dan Tablet Movie Studio.

Videocam Illusion

Aplikasi pertama yang dapat Anda gunakan adalah Videocam Illusion. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur menarik seperti video filters, video effects, dan video masks yang kesemuanya dapat langsung diaplikasikan ketika Anda merekam video dengan kecepatan normal atau fast (1.33x). beberapa video filters yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah pencil, x-ray, mono, thermal, dan lainnya. Sementara video effects yang tersedia di aplikasi ini di antaranya adalah mosaic style dan light tunnel.

Selain itu, jika Anda menekan tombol menu, maka Anda dapat mengakses menu setting untuk merubah resolusi video menjadi 640 x 480, 720 x 480, 800 x 480, atau tetap menggunakan resolusi yang direkomendasikan yaitu sebesar 480 x 320. Anda juga dapat mengatur aplikasi Videocam Illusion ini untuk merekam suara atau tidak. Satu-satunya kekurangan yang terdapat dalam aplikasi ini adalah Anda tidak bisa melakukan editing untuk video yang sudah direkam, sehingga Anda hanya dapat melakukannya untuk video yang baru. Jika Anda ingin mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini untuk versi PRO, Anda dapat membelinya seharga $1,95 di sini.

Vidtrim

Aplikai selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk video editing adalah Vidtrim. Seperti tergambar dari namanya, aplikasi ini hanya memiliki satu fungsi yaitu untuk memotong sebuah video. Caranya pun sangat mudah dimana Anda hanya tinggal meletakan batas awal dan batas akhir dari video yang akan dipotong. Jika video tersebut telah selesai dipotong, Anda akan diberikan pilihan untuk menyimpan video tersebut secara langsung, atau dengan membuat sebuah file video baru. Jika Anda ingin mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini.

Tablet Movie Studio

Aplikasi terakhir yang dapat Anda gunakan adalah Tablet Movie Studio. Tablet Movie Studio adalah aplikasi yang tertanam secara default pada tablet Android. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi Windows Movie Maker dimana Anda akan menemukan sebuah timeline di bagian bawah dan sebuah preview video pada sebelah kanan.

Ketika Anda ingin membuat project baru, Anda tinggal menekan tombol di pojok atas untuk merekam video baru, memotret foto baru, atau memasukan video dan foto lama Anda. Anda harus memasukan video dan foto tersebut satu persatu karena aplikasi ini tidak menyediakan fitur untuk memasukan beberapa item secara sekaligus. Anda juga dapat mengatur seberasa besar thumbnail yang ingin ditampilkan dengan cara menekan tombol orange di sebelah kiri. Semua video dan gambar yang telah Anda masukan akan tampak di bagian bawah timeline. Semua foto dan video tersebut dapat Anda rubah susunannya, Anda hapus, atau Anda pindahkan.

Ketika semua gambar dan video sudah Anda masukan, Anda dapat memasukkan transisi antar video beserta efeknya dengan cara menekan dan menahan bagian video atau gambar tersebut. setelah memilih transisi, Anda juga dapat memasukan sebuah klip audio atau musik dan juga judul untuk video tersebut. jika sudah selesai, Anda harus memilih resolusi videonya sebelum melakukan proses exporting. Kualitas dari video tersebut juga dapat Anda tentukan ketika melakukan exporting. Setelah semuanya selesai, Anda dapat melihat hasil video editan Anda di gallery. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel