Biografi Tokoh Dunia: Julian Assange Sang Pendiri WikiLeaks

21 Apr 2013 11:30 3486 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Biografi Tokoh Dunia: Julian Assange masih hangat dan menjadi sorotan terkait keberaniannya membongkar dokumen rahasia milik pemerintah Amerika

Julian Paul Assange dikenal sebagai seorang penerbit, aktivis internet dan peretas. Pria, yang telah berusia 39 tahun ini, dilahirkan Queensland, Australia. Julian menjadi sorotan dunia atas karyanya, wikileaks.com. Situs kontroversial ini berhasil memperoleh dokumen-dokumen rahasia yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Jumlah dokumen rahasia AS, yang dimiliki Wikileaks, mencapai 250 ribu. Wikileaks kemudian mengungkapkan isi dokumen itu ke publik sacara bertahap atau sedikit demi sedikit. Dengan gebrakannya itu, Julian Paul Assange menjadi tokoh yang paling dicari. Biografi tokoh dunia ini juga sedang menjadi sorotan. Agar anda lebih mengenal sosok Julian Assange, silahkan simak ulasan berikut !

Biografi tokoh dunia, Julian Assange dimulai dengan masa kecilnya yang kurang bahagia. Ibunya, Christine, menikah lagi dengan musisi gerakan New Age. Ayah baru Julian ini bisa dikatakan kontroversial. Julian juga jarang memperoleh pendidikan formal. Ayah tiri, yang kejam, membuat Julian dan ibunya harus hidup nomaden atau berpindah-pindah tempat tinggal. Pria ini telah berganti tempat tinggal sebanyak 37 kali sebelum ia berusia 14 tahun. Biografi tokoh dunia ini juga menyertakan informasi mengenai Assange yang kenyang dengan aktivitas homeschooling.

Kuliah di Australia dan Aktif Belajar Hack Sejak 16 Tahun

Biografi tokoh dunia, pendiri Wikileaks, dilanjutkan saat ia beranjak dewasa. Julian tercatat pernah mengikuti aktivitas kuliah beberapa universitas Australia. Saat berusia 16 tahun, ia menekuni bidang hacker komputer di tahun 1987. Untuk bidang itu, Julian menggunakan sandi 'Mendax'. Bersama dua rekannya, ia mendirikan Internasional Subversives. Mereka bukanlah perusak program atau situs. Aktivitas mereka adalah mencuri data rahasia dari situs lalu membagikannya kepada masyarakat umum. Kelompok tersebut juga telah memiliki jaringan ke universitas-universitas ternama di Australia. Mereka bahkan mampu mengakses situs-situs mancanegara termasuk situs Nortel. Nortel adalah perusahaan komunikasi di Kanada. Karena masih pemula, Assange tertangkap pada tahun 1991. ia divonis bersalah atas 24 aktivitas hacking. Assenge bisa bebas saat itu juga dengan membayar denda AUS$2100.

Berdirinya Wikileaks

Biografi tokoh dunia, Julian Assenge, dilanjutkan pada tahun 2006. Bersama lima rekannya, Assenge mendirikan situs Wikileaks. Di Wikileaks, Assange berperan sebagai juru bicara. Melalui perannya ini, ia dikenal sebagai petinggi wikileaks.com. Tujuan awal pendirian Wikileaks adalah membongkar prilaku perusahaan yang tidak etis dan memberantas korupsi pada lembaga publik. Moto yang mulia juga dimiliki Wikileaks, yaitu ‘Transparansi/keterbukaan’. Uang yang didapat Wikileaks berasal dari pengunjung situs. Meskipun terkesan sukarela, situs ini mampu mengumpulkan dokumen rahasia pemerintah dengan jumlah yang labih banyak dibandingkan perolehan semua media di dunia.

 

Baca juga :

                Biografi Tokoh Dunia Teknologi: "Ken Kutaragi” Empunya PlayStation

                5 Perawatan Tubuh Paling Unik Sekaligus Paling Menjijikan di Dunia

 

Mendapatkan 2009 Amnesty International Award Media

Biografi tokoh dunia, Julian Assenge, berlanjut saat dia berperan dalam penerbitan materi mengenai pembunuhan di luar hukum Kenya. Berkat perannya ini, Assenge mampu memenangkan 2009 Amnesty International Award Media. Selain itu, ia juga menerbitkan materi tentang limbah beracun dumping Afrika. Biografi tokoh dunia ini juga mencakup hal berbahaya juga pernah dilakukan pria ini dengan menerbitkan hubungan rahasia diplomatik yang dilakukan Amerika termasuk kaitan Amerika dalam perang Irak dan Afganishtan. Akibatnya tokoh dunia ini juga harus hidup nomaden.

Biografi tokoh dunia ini dilanjutkan dengan penahanan Julian Assange. Meskipun begitu, manfaat dari karya Assange ini masih terasa. Hal yang paling terlihat adalah cuitnya nyali Negara Amerika untuk menghadapi pria ini. Tidak hanya itu, pria ini juga mampu membuat sejumlah negara kebakaran jenggot termasuk Cina, Jepang, bahkan Indonesia. Julian Assange adalah pencipta sebuah revolusi dalam bidang transparansi media. Selama beroperasi, Wikilieaks telah memperoleh beberapa penghargaan, di antaranya Amnesty International pada 2009, Penghargaan Economist Index on Cencorship di tahun 2008, dan penghargaan Sam Adams Award pada 2010.

Wikileaks Ditutup

Biografi tokoh dunia, pendiri wikilieaks ini, ini ditutup dengan vakumnya Wikileaks. Namun perjuangan Wikileaks tidak terputus sampai disitu. GlobaLeaks mencatat ada sejumlah situs semacam wikileaks yang telah aktif dengan kadar yang berbeda. Rencanya, akan hadir juga situs serupa di Islandia yang diberi nama AWP (The Associated Whistleblowing Press). AWP didukung oleh teknologi GlobalLeaks yang berbasis open-source. Selain itu, AWP juga dilengkapi enkripsi (kerahasiaan data) pada pengiriman surat elektronik. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel