Google Keep, Evernote, Apple Notes: Aplikasi Note Mana yang Lebih Baik?

19 Apr 2013 12:30 4489 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Google selalu menemukan konsep bagus di pasaran yang bisa ditiru dan dikembangkan oleh mereka, dan kali ini Google meniru Evernote dan membuat Google Keep.

Google selalu menemukan konsep bagus di pasaran yang bisa ditiru dan dikembangkan oleh mereka, dan kali ini Google meniru Evernote dan membuat Google Keep, aplikasi Android dan komputer yang memiliki fungsi utama mencatat semua ide dan foto penggunanya yang dapat disinkronkan baik di smartphone maupun komputer penggunanya. Mengingat sudah banyak aplikasi note serupa yang hadir di pasaran, termasuk untuk Android, bagaimana Google Keep akan dapat bersaing dengan produk lainnya? Apakah aplikasi ini bisa menggoda pengguna iOS untuk beralih dari Apple Notes? Mari simak yang satu ini.

Kompatibilitas

Google Keep tersedia dalam tiga bagian, yaitu aplikasi note Android yang digunakan untuk mengelola catatan Anda, widget Android untuk Jelly Bean yang memberikan akses super cepat untuk catatan tersebut di layar utama Anda, dan sebagai bagian dari Google Drive yang bisa digunakan di komputer. Versi web ini sangat mendasar, namun begitu juga dengan iCloud milik Apple untuk catatan dalam arti tidak nyaman untuk diakses di komputer. Pengguna akan lebih nyaman dengan aplikasi Reminders dan Notes di iOS dan OSX. Kompatibilitas paling besar diberikan oleh Evernote yang bekerja sebagai sebuah ekosistem, di mana aplikasi utamanya menangani berbagai macam catatan, namun ada juga aplikasi spesifik seperti Hello untuk menangani detil per orang, Skitch untuk sketsa, dan Evernote Food untuk segala yang berkaitan dengan makanan. Aplikasi Evernote sendiri tersedia untuk PC, Mac, iOS, Android, Blackberry, dan bahkan WebOS.

Fitur

Dari ketiganya, Apple termasuk yang paling mendasar karena Notes adalah pengedit dokumen yang sangat sederhana, dan Reminders hanya mendukung tugas berbasis lokasi. Aplikasi Keep tidak mendukung pencatatan lokasi, namun bisa mencatat dengan suara dan memberikan warna untuk catatan Anda sehingga mudah dibedakan. Evernote tidak bisa membuat pengingat jadwal namun aplikasi pihak ketiganya bisa, dan terdapat kemampuan Stacks yang bisa mengorganisir semuanya ke kategori yang berbeda. Catatan bisa dicari berdasarkan lokasi atau tag, dan mendukung audio dan gambar, dan bisa mencatat dengan suara. Bahkan Evernote sendiri memiliki toko online Trunk untuk segala aplikasi yang bisa menggunakan fitur Evernote, seperti Receipts HD, Penultimate, Scalar dan sebagainya.

Harga

Baik Keep, Notes, maupun Evernote merupakan aplikasi gratis, namun Evernote juga menawarkan versi premium yang memiliki kemampuan lebih. Pengguna premium dapat melakukan pencarian di dalam PDF, membuat Evernote menjadi praktis untuk pelancong dan pebisnis yang bisa membagi catatannya ke orang lain. Versi premium juga menawarkan sejarah catatan yang mencatat perubahan, dan yang paling penting adalah pengguna premium mendapat kapasitas unggah 1 GB per bulan dibanding 60 MB bagi pengguna biasa. Fitur ini penting bagi mereka yang suka menyimpan foto. Google Keep tidak memiliki batasan ini dan iCloud membatasi kapasitas 5 GB.

 

Baca juga :

                Google Keep Aplikasi Terbaru dari Google Untuk Menyaingi Evernote

                Wow, Kereen! Google Maps Bantu Kita Lihat Isi Markas Batman, Begini Caranya

 

Keamanan

Ada dua macam keamanan yang perlu diperhatikan, keamanan dalam hal seberapa baik data dan informasi pribadi Anda dilindungi, dan keamanan dalam hal apakah layanan tersebut tidak akan ditutup secara tiba-tiba di masa yang akan datang. Evernote baru-baru ini mengalami pembobolan data yang mengharuskan pengguna mengganti password, dan Google sendiri baru saja menutup Google Reader, sehingga pengguna akan menjadi waswas akankah layanan Keep sendiri akan ditutup di masa yang akan datang. Namun masa depan Keep nampaknya akan lebih cerah, mengingat integrasinya dengan Google Drive dan Google+ akan segera hadir.

Kesan pertama

Mungkin masih belum adil untuk turut menilai Keep, mengingat yang satu ini baru saja diluncurkan dan masih nampak sangat mentah namun akan menjadi jauh lebih perkasa sebentar lagi jika Google menambahkan berbagai kemampuan dalam waktu dekat. Namun, untuk saat ini, versi web dari Keep tidak bisa melakukan banyak hal, dan masih banyak aplikasi di luar sana yang bisa melakukan hal yang sama dengan lebih cantik. Untuk pengguna Android, Keep sudah cukup mumpuni jika penggunanya belum pernah menggunakan aplikasi serupa, namun bagi mereka yang gila mencatat dan menyimpan, Evernote jauh mengalahkan berbagai saingannya tersebut.[KEV]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel