Cara Melakukan Restore dan Backup Bookmark Pada Browser Firefox Serta Google Chrome

20 Apr 2013 17:00 10991 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bookmark internet pada sebuah browser adalah sebagai penanda untuk sebuah situs Web atau sebuah blog kedalam sebuah kategori agar mudah diakses kapanpun, Jika Anda pengguna Internet Explorer, bookmark biasa disebut sebagai -Favorit-,

Jika Anda menggunakan browser web, Anda dapat melakukan bookmark pada sebuah halaman atau alamat URL sebuah blog atau web biasanya dengan mengklik logo bintang disamping alamat web/blog yang sedang dikunjungi. Dengan cara ini, maka Anda akan lebih mudah untuk mengakses kembali halaman web atau blog Anda tanpa harus mengetikan alamat situs-situs atau blog-blog yang berasngkutan, cukup dengan mengklik bookmark menu yang ada pada browser tersebut. Dalam desktop browser seerti pada Mozilla Firefox ataupun Google Chrome, untuk mengaakses bookmark Anda hanya memilih dari menu Bookmarks, atau dengan cara menyimpan bookmark tersebut pada toolbar di browser.

Namun pernahkah Anda secara tidak sengaja menghapus folder bookmark pada browser? Hal ini pasti Anda pernah mengalaminya, yaitu ketika Anda secara tidak sengaja menghapus berbagai jenis bookmark pada browser. Sebaiknya sebelum puluhan atau ratusan bookmark pada browser Anda hilang terhapus baik sengaja atau tidak disengaja ada baiknya kali ini Anda mengikuti tips cara restore bookmark yang Plimbi coba berikan.

Secara keseluruhan,cara restore bookmark atau mengembalikan bookmark pada desktop browser adalah hal yang cukup mudah jika sebelumnya Anda telah melakukan proses backup bookmark pada browser Google Chrome maupun pada browser Mozilla Firefox.

Google Chrome

Jika Anda pengguna browser Google Chrome dan secara tidak sengaja telah menghapus beberapa bookmarks pada menu Chrome Bookmarks, Google Chrome secara otomatis menyimpan backup hasil dari penjelajahan internet Anda di sistem.
Untuk mengakses data tersebut, silahkan Anda buka Windows Explorer lalu buka C:\Users\NAMAKOMPUTERANDA\AppData\Local\Google\Chrome\User Data\Default

Sebagai catatan AppData berada pada folder yang tersembunyi, untuk dapat mengaksesnya silahkan klik terlebih dahulu pilihan "Show Hidden folders” dan "show file ektensions” namun nanti jik sudah selesai melakukan restrore bookmark kembalikan lagi ke pengaturan defaultnya.

Jika Anda sudah membukanya maka Anda akan menemukan dua buah file penting, termasuk diantaranya yaitu Bookmarks dan juga file "Bookmarks.bak” Pada file Bookmarks didalamnya terdapat semua file bookmark milik Anda, lalu Bookmarks.bak adalah sebuah file backupnya. Anda bisa terlebih daulu mengecek tanggal file tersebut dibuat dengan cara menyorotkan kursor ke arah file tersebut sebelum menghapus file Bookmarks yang ada sebelum menghapus file Bookmarks menjadi Bookmarks.old.

Saat Anda merubah nama file ektensi, jendela pemberitahuan akan muncul, silahkan klik tombol "Yes” untuk merubah file ektensi tersebut.

Kemudian jika sudah, restart browser Google Chrome Anda, dan Anda akan mendapatkan tampilan folder bookmark Anda kembali.

 

Baca juga :

                 Pakai Google Chrome? Segeralah Upgrade ke Versi 64-bit

                 5 Alasan Kenapa Firefox Lebih Bagus Dibandingkan Chrome

 

Firefox

Browser Firefox menawarkan cara restore bookmark yang lebih mudah dan juga efeketif untuk melakukan proses restore bookmark yang terhapus sengaja maupun tidak sengaja. Browser Firefox juga secara otomatis akan melakukan proses backup otomatis terhadap hasil bookmark dan juga kunjungan Anda ke berbagai situs web ataupun blog. Anda tidak perlu melakukan rename terhadapa file ekstensi di sistem seperti halnya pada browser Google Chrome. Untuk mencobanya silahkan Anda hapus salah satu folder bookmark pada Firefox.

Pada menu browser firefox silahkan pilih menu Bookmarks, lalu pilih Show All Bookmarks, Anda juga dapat mengaksesnya secara cepat dengan cara menekan tombol Ctrl+Shift+B. maka jendela pengaturan bookmarks akan muncul, selanjutnya silahkan pilih "Import and Backup”, kemudian pilih "Restore”.

Anda akan mendapatkan tampilan tanggal backup yang ingin Anda lakukan restore, sebaiknya Anda memilih tanggal terakhir dilakukan proses backup oleh Firefox. Setelah Anda memilih, langkah berikutnya yaitu dengan cara melakukan restoring bookmark pada Firefox, maka jendela pemberitahuan akan muncul, lalu klik tombol "OK” untuk melakukan proses bookmark dan juga menhapus bookmark sebelum tanggal dilakuakn proses restore.

Setelah Anda mengklik tombol "OK” maka semua bookmark Anda sudah dikembalikan pada tanggal yang sudah dipilih, Anda tidak perlu menutup aplikasi Firefox karena proses restore sudah selesai.

Jika Anda mempunyai cara lainnya yang lebih bagus dan lebih mudah, silahkan berbagi dan tinggalkan di kolom komentar. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel