Cara Cepat dan Mudah Bayar Tagihan Listrik yang Terlambat

7 Oct 2024 13:44 71 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada cara bayar yang gampang, anti telat-telat lagi!
>Sumber: https://images.pexels.com/photos/401107/pexels-photo-401107.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=1260&h=750&dpr=1

 

Telat membayar listrik tentunya akan menyebabkan Anda harus membayar denda yang nilainya lumayan. Banyak alasan kenapa orang telat membayar listrik dimana salah satunya adalah rasa malas atau tidak ada waktu untuk membayar ke loket PLN atau minimarket. Namun sekarang, hal tersebut tidak menjadi masalah lagi. Jika Anda ingin bayar tagihan listrik yang terlambat caranya cukup mudah. Pilihan cara pembayarannya pun cukup beragam, salah satunya secara online melalui aplikasi atau marketplace.

Cara bayar tagihan listrik yang terlambat kini tidak harus dengan datang ke loket PLN kemudian antri lama-lama hanya untuk menyelesaikan pembayaran. Anda bisa melihat dengan mudah banyaknya tagihan dan denda melalui aplikasi PLN Mobile dan selanjutnya melakukan pembayaran secara online.

 

Cara Cepat dan Mudah Bayar Tagihan Listrik yang Terlambat

Pembayaran listrik harus dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan Anda akan lupa melakukan pembayaran tersebut. Jika hal ini terjadi, tidak perlu bingung karena Anda bisa segera menyelesaikan kewajiban tersebut.

 

1. Denda keterlambatan pembayaran PLN

Sesuai kebijakan dari PLN, setiap pelanggan harus membayar tagihan listrik maksimal tanggal 20 setiap bulannya.  Apabila pembayaran dilakukan pada tanggal 21 atau lewat batas waktu, akan dianggap terlambat dan harus membayar denda sebesar nilai di bawah ini.

  • Daya 450 VA denda Rp. 3.000 per bulan
  • Daya 900 VA denda Rp. 3.000 per bulan
  • Daya 1.300 VA denda Rp. 5.000 per bulan
  • Daya 2.200 VA n denda Rp. 10.000 per bulan
  • Daya 3.500 sampai 5.500 VA denda Rp. 50.000 per bulan
  • Daya 6.600 sampai 14.000 VA denda 3% dari jumlah tagihan, minimal Rp. 75.000 per bulan
  • Daya di atas 14.000 VA denda 3% dari jumlah tagihan, minimal Rp. 100.000 per bulan

Jika waktu terlambat membayar denda lebih dari 30 hari, tidak hanya akan mendapat sanksi denda tetapi juga pemutusan sementara sampai kamu melunasi tagihan. Petugas PLN akan melakukan pemutusan listrik ini dilakukan melalui perangkat elektromekanis MBC (Miniature Circuit Breaker). Alhasil, Anda tidak akan dapat menikmati listrik lagi dan tentunya, itu akan membuat hidup Anda sulit.

Sedangkan jika terlambat bayar sampai 60 hari akan dikenakan denda dan pemutusan listrik sementara dengan membongkar APP (Alat Pengukur dan Pembatas). APP terdiri dari MBC dan kWH meter dan memutus aliran listrik dari tiang migrasi. Apabila terlambat bayar selama 90 hari akan mendapatkan sanksi tegas berupa pemutusan listrik permanen. Disini, Anda sudah tidak dapat menikmati listrik lagi selamanya.

 

2. Cara bayar tagihan listrik yang terlambat

Sebelum Anda mendapat sanksi berupa pemutusan aliran listrik yang tentunya tidak diinginkan, segera selesaikan pembayaran PLN Anda. Tidak perlu khawatir sebab cara bayar tagihan listrik yang terlambat cukup mudah, berikut yang perlu Anda lakukan:

a. Bayar Tagihan Listrik Offline

Jika Anda memilih bayar tagihan listrik secara offline, harus datang ke loket PLN terdekat. Proses pembayarannya cukup mudah, Anda hanya perlu datang, antri, menerima tagihan dan melakukan pembayaran. Namun kadang Anda perlu cukup banyak waktu karena harus antri. Ini menjadi alasan banyak orang terlambat bayar listrik.

b. Cara Bayar Tagihan Listrik Online

Saat akan membayar tagihan listrik yang lancar maupun dengan keterlambatan, tidak selalu harus antri. Anda bisa memilih melakukan pembayaran secara online. Caranya dengan melihat tagihan di aplikasi PLN Mobile , caranya:

  • Pilih “Token dan Pembayaran” pada menu utama
  • Masukkan Nomor ID pelanggan listrik PLN yang tertera di kartu pelanggan
  • Klik “Pilih Tagihan” pada layar
  • Lanjutkan dengan klik “Pembayaran” setelah detail tagihan listrik muncul di layar.
  • Terakhir tinggal pilih metode pembayaran yang tersedia dan lakukan pembayaran

Ada cukup banyak pilihan metode pembayaran, salah satunya melalui Blibli yang merupakan marketplace terlengkap di Indonesia. Proses pembayaran listrik di Blibli aman, mudah dan cepat. Anda tidak perlu khawatir jika ingin bayar tagihan listrik yang terlambat karena Blibli siap membantu untuk proses pembayaran tersebut.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel