Mengetahui Beberapa Daerah yang Menjadi Persebaran Kayu Jati di Indonesia

5 Oct 2022 11:08 1894 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengetahui Beberapa Daerah Yang Menjadi Persebaran Kayu Jati Di Indonesia

Tanaman kayu jati di dunia dikenal dengan nama lain yaitu pohon teak yang berasal dari Bahasa Malayalam yaitu thekku mempunyai nama ilmiah adalah Tectona Grandis L.F. memiliki ciri utama adalah pohon yang tinggi dan besar yang mempunyai batang rata-rata lurus dan mampu tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai 30 sampai dengan 40 meter. Tanaman jati atau pohon jati dapat tumbuh dengan subur di beberapa daerah yang memiliki curah hujan antara 1500 sampai dengan 2000 mm per tahun dengan suhu antara 27° hingga 36° derajat Celcius. Adapun tempat yang paling cocok untuk pertumbuhan pohon jati adalah tanah yang di dalamnya mengandung pH sekitar 4,5 hingga 7 serta tanah yang jarang ada banjir. Di Indonesia dapat ditemukan banyak hutan jati, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, hutan jati tumbuh dengan subur dan liar dari pinggir-pinggir jalan dan menjadi pemandangan yang asri serta memberikan lingkungan sekitarnya tempat untuk berteduh dan udara menjadi sejuk. Jika musim hujan tiba, maka hutan jati tampak rimbun menghijau dengan pohon jati di dalamnya yang tumbuh subur. Tetapi ketika sedang musim kemarau tiba, daun-daun jati akan berguguran yang bertujuan untuk mengurangi terjadinya penguapan.

Beberapa daerah di Indonesia yang merupakan daerah persebaran pohon jati (menjadi hutan jati) antara lain adalah sebagai berikut :

1/ Daerah Jawa Tengah

Salah satu daerah di Indonesia yang banyak memiliki pohon jati adalah di Jawa yaitu terpusat di Jawa Tengah bagian selatan adalah daerah penghasil pepohonan jati terbanyak seperti di Kabupaten Sragen, Wonogiri dan Sukoharjo. Letaknya berdekatan dengan pegunungan membuat pemandangan di wilayah ini terlihat indah yang meliputi wilayah yang sangat luas dan banyak ditemukan wilayah yang berliku-liku dan naik turun membuat jalan ini tidak direkomendasikan untuk dilalui pada waktu malam hari karena kurangnya pencahayaan dan bisa menimbulkan bahaya. Selain di wilayah bagian selatan, jati tumbuh subur di wilayah pantai utara Jawa mulai dari Jawa Barat khususnya daerah Karawang hingga ke ujung timur Pulau Jawa.

2/ Daerah Jawa Timur

Masih berada di seputar Pulau Jawa bagian selatan lanjut telusuri daerah berikutnya maka sampailah anda di wilayah Jawa Timur seperti di wilayah Ngawi dan Pacitan. Jawa Timur dan Jawa Tengah memang merupakan wilayah yang sangat terkenal akan hutan jati. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian utara, pertumbuhan pohon jati sangat subur hingga pada ketinggian 650 meter di atas permukaan air laut, hanya di wilayah Besuki saja yang pertumbuhannya tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan air laut.

3/ Daerah Bali

Pulau Bali merupakan salah satu tempat tersebarnya pohon jati dalam jumlah besar dimana pohon jati ini adalah peninggalan pohon jati zaman dahulu yang berasal dari Pulau Jawa serta pulau-pulau kecil lainnya yang ada di timur Jawa.

4/ Pulau Muna

Pulau Muna merupakan salah satu pulau yang letaknya di dekat Pulau Sulawesi dimana di sini sangat mudah menemukan persebaran hutan jati tetapi jumlahnya terbatas hanya di dalam hutan jati saja.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel