Proses dan Manfaat Serta Contoh Mata Air Panas Terkenal di Dunia

21 Jun 2022 14:15 1315 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Proses Dan Manfaat Serta Contoh Mata Air Panas Terkenal di Dunia

Yang dimaksud dengan mata air panas adalah mata air yang berasal atau dikeluarkan dari air tanah dalam kerak bumi yang telah mengalami pemanasan secara geothermal sebelumnya. Pada umumnya air tanah yang dikeluarkan mempunyai suhu di atas suhu tubuh normal manusia yaitau rata-rata 37o Celcius dan jarang sekali ditemukan beberapa mata air panas yang memiliki suhu di atas suhu titik didih air. Mata air panas ini tidak hanya ditemukan di daratan saja melainkan juga bisa ditemukan di dasar laut atau kedalaman samudra. Karena suhu dari mata air cukup tinggi, mereka mampu mencairkan beberapa batuan di sekitarnya dan menjadikan mara air panas tersebut mengandung kadar mineral yang cukup tinggi seperti sulfur, kalsium, radium dan lain sebagainya.

Bagaimana Proses Terbentuknya Mata Air Panas ?

Apabila anda melihat dari proses terjadinya, maka mata air panas terbagi ke dalam dua jenis yaitu mata air yang berasal dari tenaga non gravitasi dan mata air yang berasal dari tenaga gravitasi. Untuk kelompok mata air panas yang dihasilkan oleh tenaga non gravitasi bisa berupa mata air celah, mata air hangat, mata air vulkanis dan juga mata air panas itu sendiri. Secara garis besar terbentuknya mata air panas terjadi ketika air hujan atau air tanah mengalami proses pemanasan oleh magma yang terletak di bawah permukaan bumi. Ditemukannya celah atau patahan pada permukaan bumi menyebabkan air bersangkutan mudah masuk ke dalam hingga sampai pada lapisan mantel bumi. Nah di sinilah air yang sudah terkumpulkan mengalami proses pemanasan saat bersentuhan dengan batuan panas.

Sedangkan untuk air panas yang berada di sekitar gunung berapi biasanya mengalami proses pemanasan oleh magma. Air yang dihasilkan akan menjadi sangat panas dan bertekanan sangat kuat, bahkan bisa menyembur ke permukaan bumi yang dikenal dengan istilah geyser. Apabila telah sampai ke permukaan hanya dalam wujud uap air saja, inilah yang dikenal dengan istilah fumarol. Jika mata air panas yang keluar bercampur dengan lumpur atau tanah liat maka daerah di sekitarnya dinamakan dengan kubangan lumpur panas.

Manfaat Apa Saja Yang Diperoleh Dari Mata Air Panas ?

Ada banyak sekali yang bisa diperoleh dari mata air panas seperti yang umum dimanfaatkan adalah sebagai tempat untuk rekreasi. Hal ini erat hubungannya dengan kandungan mineral yang terdapat di mata air panas bersangkutan sangatlah tinggi dan beberapa orang percaya jika mineral tersebut bisa menyembuhkan berbagai ragam penyakit kulit dan penyakit pernafasan seperti asma. Di Jepang mata air panas sangat mudah ditemukan dimana-mana yang dikenal dengan nama onsen. Kata onsen itu sendiri mengacu kepada sumber air panas dan tempat mandi atau untuk berendam dengan menggunakan air panas yang muncul dari dalam tanah (bumi). Sehingga tidak mengherankan jika di sekitar mata air panas atau onsen dibangun kolam-kolam renang buatan dan penginapan yang diberi nama onsen yado.

Mata Air Panas Yang Terkenal Di Dunia

Bagi beberapa negara yang dikelilingi oleh banyak gunung berapi maka sudah tentu negara bersangkutan menyimpan sumber mata air panas di dalamnya termasuk Indonesia memiliki banyak sekali sumber mata air panas. Ada beberapa dari sumber mata air panas tersebut difungsikan sebagai objek wisata yang bisa dikunjungi yang menawarkan pemandangan di sekitar mata air panas sangat alami dan mempesona. Berikut di bawah ini adalah mata air panas yang cukup terkenal dunia kami rekomendasikan untuk dikunjungi. Simak penjelasan singkat dari kami.

1/ Mata air panas Myvatn

Islandia adalah negara pertama yang menawarkan mata air panas sangat cantik yang bernama blue lagoon. Hampir setiap tahun banyak wisatawan asing dan domestik datang berkunjung ke tempat ini untuk berlibur. Di sekitar Myvatn yaitu di bagian nature baths memiliki suhu air yang tidak terlalu panas jika dibandingkan dengan blue lagoon. Tak mengherankan jika banyak yang mencoba berendam di mata air panas alami ini.

2/ Mata air panas Pamukkale

Mata air panas ini berada di Turki yang menyuguhkan pemandangan alam di sekitarnya sangat unik yaitu berundak-undak menyerupai persawahan yang ada di Bali. Nama populer dari tempat ini adalah Kastel Awan karena lingkungan sekitar tempat ini berwarna putih es dengan air yang jernih berwarna biru terang. Ketika matahari mulai terbenam, air yang berada di kolam akan berubah warna menjadi merah mudah keunguan. Tak mengherankan jika banyak wisatawan yang berkunjung ke sini memiliki tujuan utama untuk berendam dan berfoto selfie di tempat-tempat yang menarik.

3/ Mata air panas Blood Pond

Yang ketiga adalah mata air panas yang ada di daerah Jepang yang menghasilkan warna air agak keruh yaitu berwarna merah kecoklatan mirip darah. Maka tidak mengherankan jika mata iar panas ini terkenal dengan nama Blood Pond. Warna merah berasal dari kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam air panas. Banyak wisatawan yang suka mengabadikan warna merah dari mata air panas ini daripada berendam di dalamnya.

4/ Mata air panas Deception Island

Antartika memiliki lingkaran gunung api yang masih aktif hingga saat ini. Di tempat paling dingin di dunia ini ternyata terdapat mata air panas alami yang bernama Deception Island terletak di Pulau South Shetland dan merupakan kaldera dari gunung api yang aktif. Mata air panas bersuhu sekitar 158o F yang dikelilingi oleh pemandangan yang sangat indah berupa gletser.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel