Mengenal Beberapa Makanan Khas Palembang yang Bercita Rasa Gurih

24 May 2022 15:10 3146 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Beberapa Makanan Khas Palembang Yang Bercita Rasa Gurih

Padang di Sumatera Barat dikenal sebagai area yang mempunyai koleksi kuliner yang luar biasa istimewa. Kehadiran kuliner di sini adalah khas yang sudah dikenal di seluruh Nusantara dari Sabang hingga Merauke. Kekhasan dari masakan Padang adalah terletak pada beragamnya bumbu rempah-rempah yang digunakan sebagai penyedap masakan menjadikan sajian yang dihasilkan banyak disukai dan dicari oleh masyarakat luas. Bumbu yang kental dan beraroma kuat dari masakan Padang memiliki cita rasa yang unik tetapi lezat di lidah. Juga disertai dengan proses memasak yang masih menggunakan tungku tradisional membuat rasa dan aroma masakan khas Padang menjadi lebih segar dan tentu saja nikmat.

Makanan Khas Padang Adalah ?

1/ Rendang

Makanan khas Padang di Sumatera Barat yang pertama dan sangat populer adalah rendang. Terbuat dari daging sapi yang sukses dinobatkan dalam seratus daftar makanan terenak sedunia versi CNN. Racikan rempah-rempah yang kuat disertai dengan daging yang lembut membuat rasa rendang banyak diburu oleh orang. Masakan rendang ini adalah masakan yang umum anda jumpai di warung-warung makan Padang. Kelembutan tekstur daging sapi berpadu harmonis dengan bumbu kuah yang kental dan gurih membuat lidah penikmatnya akan ketagihan untuk menikmati lagi dan lagi. Rendang biasanya diolah dalam jangka waktu yang sangat lama dan inilah yang menyebabkan bumbu rendang meresap sempurna hingga ke bagian terdalam daging sapi.

2/ Dendeng

Makanan khas Padang yang kedua adalah dendeng. Dendeng biasanya dibuat dari daging sapi sama seperti rendang tersebut di atas. Meskipun sama-sama dibuat dari daging sapi namun tekstur dendeng cenderung lebih keras jika dibandingkan dengan tekstur daging pada rendang. Dendeng diolah hanya dengan cara digoreng atau ditumis dengan sayuran seperti wortel. Dendeng sapi ini dibuat dengan cara menjemur daging sapi hingga benar-benar kering. Sebelum daging sapi dijemur terlebih dahulu diberi bumbu berupa rempah-rempah yang akan menjadikan dendeng sapi lebih awet disimpan jangka panjang. Selain itu, rempah-rempah ini berfungsi untuk memperkuat rasa dari dendeng itu sendiri.

3/ Nasi Lemak

Satu lagi makanan khas daerah Padang yang ketiga bernama nasi lemak. Nasi lemak pada umumnya disajikan untuk upacar-upacar adat khusus. Cara memasaknya masih menggunakan tungku dengan kayu bakar (sangat tradisional). Proses pemasakan yang agak lama membuat rasa masakan yang dihasilkan menjadi istimewa. Di samping itu, nasi lamak biasanya disajikan dengan dialasi daun pisang segar. Jika ada anggota keluarga yang berkunjung, nasi lemak ini menjadi salah satu makanan khas wajib ada untuk diberikan kepada mereka sebagai menu penyambut tamu meskipun tamu yang datang adalah keluarga. Bumbu yang digunakan adalah berupa rempah-rempah yang salah satunya adalah kunyit segar untuk menciptakan rasa yang lebih menyengat dengan warna kuning yang cerah menggugah selera makan siapa saja yang melihatnya. Beras akan dimasak dengan menggunakan kunyit hingga matang. Kunyit yang ditumbuk hingga membentuk pasta halus barulah dimasak bersamaan dengan beras sehingga ketika matang nanti akan menghasilkan nasi mirip dengan nasi kuning.

4/ Sate Padang

Makanan khas Padang yang keempat adalah sate padang. Sate merupakan salah satu jenis makanan yang diolah dengan cara ditusuk, dibalur bumbu lalu dibakar dengan menggunakan bara api yang menyala kecil. Sama dengan sate padang ini. Jika biasanya sate pada umumnya menggunakan bumbu berupa bumbu kacang namun saat anda mencoba mencicipi sepiring sate padang, tidak akan menemukan bumbu kacang untuk membalur. Sate padang memakai bumbu berupa bumbu kuning khas warga Padang yang kuat mengeluarkan aroma rempah-rempah digunakan untuk meracik bumbu. Bumbu sate padang ini cenderung kental yang biasa disajikan dengan lontong, ketupat atau nasi putih, menjadikannya salah satu sajian yang sangat mengenyangkan perut untuk seporsi sate padang dengan menu pendampingnya. Bumbu kuning cenderung bercita rasa pedas yang sangat disukai oleh siapa saja.

5/ Gulai Gajeboh

Makanan khas Padang Bukittinggi yang terakhir adalah gulai gajeboh. Apakah anda mengenal masakan yang namanya gulai ? Gulai di sini menawarkan sensasi rasa yang lebih istimewa dibandingkan masakan gulai dari daerah lainnya. Bahkan bisa dikatakan bahwa gulai gajeboh merupakan salah satu masakan yang bercita rasa surga bagi penikmat kuliner. Makanan ini menggunakan bahan utama dari daging sapi yang diolah sedemikian lengkap menjadikannya memberikan hasil akhir yang sempurna. Bagaimana tidak istimewa, bumbu yang diracik benar-benar meresap sempurna hingga ke bagian terdalam dari daging. Namun makanan ini sangat tidak disarankan untuk disantap secara berlebihan bagi anda yang mempunyai keluhan penyakit kolesterol karena bagian utama yang digunakan untuk membuat gulai adalah daging sapi bagian punuk. Adalah bagian daging yang memiliki kandungan lemak sangat tebal. Jadi bisa dipastikan kandungan kolesterolnya cukup tinggi sehingga kurang bersahabat untuk penderita kolesterol.

Selamat mencicipi.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel