Manfaat Vitamin B Complex

19 Apr 2021 14:39 1280 Hits 4 Comments Approved by Plimbi

Yang dimaksud dengan vitamin B complex adalah delapan jenis vitamin yang mudah larut di dalam air dan memegang peranan penting untuk kesehatan tubuh manusia. Jenis-jenis vitamin ini terdiri dari vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), dan vitamin B6 (pyridoxine). Termasuk di dalamnya adalah vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (folat), dan vitamin B12 (cobalamin).

Yang dimaksud dengan vitamin B complex adalah delapan jenis vitamin yang mudah larut di dalam air dan memegang peranan penting untuk kesehatan tubuh manusia. Jenis-jenis vitamin ini terdiri dari vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), dan vitamin B6 (pyridoxine). Termasuk di dalamnya adalah vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (folat), dan vitamin B12 (cobalamin).

Manfaat Atau Fungsi Dari Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks banyak menyimpan manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Maka dari itu disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil, ibu sedang menyusui, vegetarian, lansia bahkan untuk mereka yang mempunyai kondisi medis tertentu. Nah tersebut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat atau fungsi dari vitamin B kompleks antara lain sebagai berikut :

1/ Menjaga kesehatan jantung

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa salah satu vitamin yang terkandung di dalam vitamin B kompleks adalah vitamin B6. Menurut penelitian kesehatan menjelaskan bahwa vitamin B6 bagus untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Vitamin B6 sangat penting bagi tubuh karena terlibat dalam reaksi enzim di dalam sel-sel tubuh yang membantu untuk metabolisme asam amino. Jika anda kekurangan vitamin B6 bisa berakibat melemahnya otot, mudah marah-marah, kehilangan ingatan jangka pendek, mudah gugup hingga depresi. Beberapa jenis makanan yang diketahui banyak mengandung vitamin B adalah buah pisang, susu, beras merah, salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian.  

2/ Mencegah anemia

Vitamin B kompleks bermanfaat besar untuk mencegah anemia dimana kandungan vitamin B12 di dalamnya memegang peranan penting untuk membangun sel-sel darah dan menjaga kesehatan sel-sel saraf di dalam tubuh. Gejala-gejala yang akan anda alami apabila kekurangan vitamin B12 adalah mudah merasa lelah, sembelit, terjadinya penurunan berat tubuh secara drastis, dan kehilangan nafsu makan. Juga bisa merusak sistem saraf yang menyebabkan anda mudah depresi. Vitamin B12 bisa dengan mudah ditemukan dalam produk-produk olahan susu, ikan, daging seperti kerang dan hati sapid an juga sereal.

3/ Mengurangi stress dan bisa untuk meningkatkan mood

Beberapa penelitian kesehatan menjelaskan bahwa vitamin B complex bisa meningkatkan kinerja kognitif dan semangat pada manusia. Dari sini tidak mengherankan apabila vitamin ini cukup sering dimanfaatkan guna mengurangi stres sebagai akibat kelelahan sekaligus untuk meningkatkan suasana hati. Dengan mengkonsumsi vitamin B kompleks sangat dianjurkan bagi anda yang sedang mengalami stres atau suasana hati yang sangat buruk. Jika kondisi anda tidak kunjung membaik maka segeralah mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

4/ Mengurangi gejala kecemasan atau depresi

Walaupun vitamin B kompleks bukanlah jenis obat khusus disediakan untuk mengatasi masalah kesehatan mental, namun vitamin ini bisa membantu mengurangi gejala depresi atau kecemasan. Ini bisa dibuktikan dalam sebuah penelitian kesehatan terhadap 6 orang dewasa penderita depresi yang hasilnya menunjukkan bahwa pengobatan dengan vitamin B kompleks yang dilakukan selama 60 hari berpengaruh signifikan untuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan dibandingkan dengan plasebo. Dalam penelitian ini juga menemukan bahwa pasien yang menjalani pengobatan antidepresi yang di dalamnya mengandung vitamin B12, B6, dan asam folat menunjukkan peningkatan respon yang lebih baik.

5/ Menyehatkan hormon

Masing-masing orang yang berusia 14 tahun atau lebih minimal harus mendapatkan 5 mg vitamin B5 setiap harinya karena vitamin jenis ini sangat diperlukan tubuh guna menghasilkan hormon yang berfungsi untuk pertumbuhan. Vitamin B5 memproduksi hormon adrenal yang berfungsi untuk mengatasi stres ekstrem. Juga akan membantu memproduksi hormon steroid seperti estrogen dan progesteron. Anda bisa menemukan vitamin B5 pada sayuran seperti kubis, brokoli, kangkung, serta alpukat. Juga banyak ada pada makanan seperti sereal gandum, kentang, produk olahan susu dan jeroan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang manfaat vitamin B complex yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.

 

 

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel