Jadikan Menulis sebagai Kebiasaan dan Dapatkan 5 Keuntungan ini

14 Dec 2015 16:15 3426 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dampak positif bagi mereka yang hobi menulis.

Hampir semua dari kita sudah mengenal dan belajar bagaimana cara menulis sejak usia kita masih seumur jagung.

Seiring berkembangnya zaman dan semakin dewasanya kita, cara menulis kita pun ikut berkembang dari awalnya yang hanya menulis di sebuah kertas dengan sebuah pensil, kemudian berubah menjadi menulis di sebuah buku dengan menggunakan pulpen, hingga menulis di komputer dengan menggunakan keyboard.

Dengan menjadikan menulis sebagai kebiasaan, 5 perubahan positif di bawah ini pun akan terjadi pada diri Anda, baik disadari ataupun tidak.

 

1. Anda akan Selalu Mencari Kesempatan untuk Menulis

Setelah menulis menjadi kebiasaan Anda setiap hari, menulis akan secara cepat menjadi bagian dari hidup Anda dimana jika Anda tidak menulis sehari saja, maka Anda akan merasakan ada yang hilang di hari tersebut.

Dengan menjadikan hobi menulis sebagai bagian dari diri Anda, kesempatan untuk mendapatkan penghasilan pun tidak akan jauh dari Anda, karena diluar sana banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan menulis seperti penulis freelance, newsletter non-profit atau rencana proyek suatu perusahaan.

 

2. Hidup Anda akan Lebih Terorganisir

Dengan menjadikan menulis sebagai hobi, Anda mau tidak mau akan selalu menjadwalkan kapan Anda akan menulis setiap harinya. Dengan mengatur jadwal untuk menulis, secara otomatis jadwal lainnya yang Anda lakukan sehari-hari juga ikut terpengaruh sehingga Anda akan membuat jadwal Anda sendiri pada secarik kertas atau pada smartphone.

 

3. Hambatan dalam Menulis akan Hilang

Setiap penulis pasti pernah merasakan sebuah perasaan dimana mereka duduk sambil memegang keyboard dan memandangi layar monitor tanpa tahu apa yang ingin ditulis.

Hal ini biasanya diakibatkan oleh menumpulnya kemampuan menulis serta munculnya rasa takut tentang hasil dari tulisan yang telah mereka tulis nantinya.

Namun jika Anda mengadopsi sebuah kebiasaan yaitu menulis setiap hari dan memaksa diri Anda untuk menuliskan kata-kata yang sedang Anda pikirkan (apapun itu), maka hambatan-hambatan untuk menulis tersebut sedikit demi sedikit akan hilang, dan tidak lama lagi Anda akan dapat dengan lancar menulis sesaat setelah Anda duduk di kursi dengan posisi tangan di keyboard dan pandangan mata ke layar monitor.

 

4. Perbendaharaan Kata Anda akan Meningkat Pesat

Dengan menulis, tentunya Anda setiap hari akan dihadapkan dengan ratusan hingga ribuan kata dari berbagai sumber yang Anda baca.

Adalah sebuah hal yang sering terjadi, ketika kita membaca sebuah konten yang memiliki kata-kata dengan makna yang tidak kita pahami, kita kemudian akan melihat maknanya di kamus.

dan berawal dari situ, tidak menutup kemungkinan kata-kata yang telah kita ketahui maknanya tersebut akhirnya kita gunakan pada konten yang kita tulis

 

5. Anda akan Lebih Banyak Membaca

Pada umumnya, mereka yang suka menulis adalah mereka yang banyak membaca. Namun, ketika Anda menjadikan menulis sebagai sebuah kebiasaan sehari-hari, Anda akan mulai lebih banyak membaca daripada biasanya.

Hal ini dikarenakan setiap harinya kita membutuhkan ide baru untuk menulis sebuah konten.

 

6. Anda akan Lebih Fasih dalam Berbicara

Peningkatan grammar pun akan terjadi ketika Anda rajin menulis. Hal ini dikarenakan ketika Anda menulis sebuah konten, Anda juga akan melakukan banyak editing pada konten tersebut yang tujuannya sendiri untuk mengubah bahasa penulisan sehingga lebih mudah dicerna oleh para pembaca nantinya.

Secara tidak langsung, proses editing yang Anda lakukan ini nantinya akan berdampak positif pada bagaimana Anda berbicara dengan fasih.

 

7. Anda akan Memikirkan Ulang karir Anda

Jika menulis bukanlah pekerjaan utama Anda, kebiasaan menekan tuts keyboard setiap hari mungkin akan membuat Anda memikirkan ulang karir Anda.

Karena selain mendapat penghasilan dari sebuah hobi, mereka yang menulis juga akan mendapatkan ilmu yang berlimpah setiap harinya. [FM]

Tags Ulasan

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel