Kontroversi Game Dead Island Riptide

22 May 2013 22:30 10993 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kini telah hadir kembali sekuel Dead Island yang berjudul Dead Island: Riptide. Seri terbaru ini dianggap lebih dahsyat, ektrim, brutal, sadis, dan penuh emosi.

Anda sudah merasakan bagaimana dahsyatnya memainkan game Dead Island yang diluncurkan tahun 2011 lalu? Kini telah hadir kembali sekuel Dead Island yang berjudul Dead Island: Riptide. Seri terbaru ini dianggap lebih dahsyat, ektrim, brutal, sadis, dan penuh emosi. Inilah mengapa Dead Island: Riptide menjadi sangat kontroversial dan menjadi pertentangan banyak kalangan pasca kehadirannya.

Dead Island: Riptide pertama kali dirilis pada akhir bulan April 2013 lalu di Amerika Utara, Eropa dan secara global. Masih hadir dengan genre action role-playing dan survival horror, di mana Anda bisa memainkannya dengan mode single player serta multiplayer. Penggarapan game inipun masih dilakukan oleh developer game Techland dan dipublikasikan oleh Deep Silver.

Ada 3 platform yang dapat menjalankan game ini secara resmi, yakni Microsoft Windows, PlayStation 3 dan Xbox 360. Island Riptide sebenarnya juga telah dirilis dengan berbagai edisi yang berbeda. Versi yang tersedia termasuk versi standar, edisi terbatas, edisi khusus, edisi survivor, edisi Rigor Mortis Collector’s dan edisi Zombie Bait dengan berbagai tambahan fisik game (karakter dan senjata) serta konten yang disediakan.

Plot cerita game ini diatur setelah akhir plot cerita Dead Island pertama namun bertempat di pulau yang berbeda. Persamaannya, pulau tersebut masih sama-sama dihuni banyak manusia mutan, aneh, layak disebut zombie dan sedang mengamuk. Ada 4 karakter utama yang menjadi protagonis dalam game ini, mereka di antaranya:

  • John Morgan, seorang pria bertubuh besar dan pernah menjadi juru masak di satuan Angkatan Laut.
  • Logan Carter, seorang mantan altet sepakbola yang bertubuh besar dan ciri khasnya adalah pentungan pada tangan kirinya.
  • Purna, seorang wanita yang sebelumnya menjabat perwira di kepolisian Sydney. Ia dipecat karena menembak seorang tersangka penganiaya anak.
  • Sam B, seorang pria berkulit hitam dengan gaya berpakaian seperti seorang bandit. Dia sangat suka bertarung dalam jarak dekat.
  • Xian Mei, seorang wanita yang tergabung dalam anggota kepolisian Hongkong. Dia memiliki kemampuan seni bela diri yang hebat.

Dalam game ini, mereka berempat mendarat di sebuah kapal induk setelah melarikan diri dari pulau penjara dengan Helikopter. Mereka langsung dibawa ke tahanan oleh ADF Kolonel Sam Hardy dan Frank serpo. Sayangnya, bencana baru terjadi di mana kapal induk mengalami karam dan terdampat di sebuah pulau yang dihuni banyak sekali zombie.

Frank Serpo yang yang merupakan pemimpin kapal induk melarikan diri dengan helikopter tak lama sebelum kapal karam menabrak batu tersebut. Mereka sadar bahwa mereka sedang berada di pantai pulau Palanai yang sebelumnya pernah diteliti oleh Harlow, dari WHO. Kabar buruknya, Harlow memberitahu bahwa pulau tersebut sudah terinfeksi virus zombie dan hampir mustahil orang untuk selamat. Disinilah petualangan menyelamatkan diri dari serbuan zombie mengamuk dimulai.

Pada gameplay game ini dimainkan hampir sama dengan Dead Island pertama, di mana Anda harus menjelajah pulau untuk mencari berbagai senjata, bahan-bahan crafting, healing items, uang serta menyelesaikan quest. Anda bisa menggunakan berbagai macam senjata, seperti jenis melee untuk membantai para zombie dengan cara sadis.

Jika Anda memang menggunakan senjata tajam, tangan maupun kepala para zombie bisa putus. Atau bisa juga menggunakan tangan kosong untuk bertarung, dan kali ini John Morgan bisa memuaskan para penggemar dengan kemampuan hand-to-hand combat, mulai dari uppercut maut sampai tendangan yang sangat kencang. Selain itu, seri ini masih menggunakan sistem level serta experience points, di mana semakin tinggi level karakter pemain maka ia bisa melakukan kustomisasi skill karakter agar semakin bagus kemampuannya.

Dari segi grafis Anda akan melihat tampilan yang cukup memuaskan, salah satu yang menarik adalah fitur sistem cuaca yang bisa saja berubah setiap saat. Jangan kaget bila cuaca yang awalnya panas terik dan cerah, tiba-tiba hujan deras ditambah angin keras yang menderu. Agaknya pulau Palanai memang diatur sebagai pulau tropis seperti pada pulau-pulau di wilayah Asia tenggara dan Oseania. Kekurangan grafis yang bisa dirasakan adalah masih adanya graphical glitch dan clipping pada game ini.

Dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa game ini penuh dengan kekerasan dan hal-hal ekstrim, brutal, sadis dan kadang-kadang ada aspek pronografi. Pertarungan sarat dengan darah yang keluar dan lebih ‘menggila’ saat pemain menghujamkan pisau ke kepala. Selain itu, penggunaan alat berat buldoser untuk menghancurkan tubuh zombie semakin membuat game ini agaknya tidak akan lulus sensor jika dihadirkan dalam film.

Satu hal lagi yang membuat Island: Riptide menjadi game kontroversial atau bahkan jadi cercaan banyak pihak, yakni soal cover gambar dari edisi “Zombie bait edition”. Dalam cover utamanya terlihat sebuah gambar tubuh wanita yang hanya menggunakan pakaian dalam dengan tubuh sudah termulitasi, terutama bagian kepala dan tangan. Disekujur tubuh gambar tersebut penuh dengan luka yang mengerikan. Gambar tersebut menyebabkan reaksi sangat negatif dari kritikus dan publik. Bahkan wartawan menggambarkan patung itu sebagai hal yang jorok.

Dalam situs Amazon.com, media distribusi DVD untuk platform Microsoft Windows dibanderol dengan harga USD35.62 yang bisa diakses di link ini. Harga USD39.99 tersedia pada media distribusi untuk PS3 dan Xbox 360 dari edisi spesial yang bisa didownload di sini

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel