1

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Prosesor AMD Terbaru : AMD FX 9590

17 Oct 2013 07:00 17976 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satu prosesor favorit dari AMD adalah prosesor serial FX. Jika tahun lalu, AMD  memproduksi seri ini degan seri angka 43xx, 63xx, dan 83xx. Maka tahun ini, AMD mengeluarkan produk dengan awalan angka “9” yaitu AMD FX 9370 dan AMD FX 9590.

Salah satu prosesor favorit dari AMD adalah prosesor serial FX. Jika tahun lalu, AMD  memproduksi seri ini degan seri angka 43xx, 63xx, dan 83xx. Maka tahun ini, AMD mengeluarkan produk dengan awalan angka “9” yaitu AMD FX 9370 dan AMD FX 9590. Processor ini merupakan prosesor AMD terbaru kelas premium. Meskipun baru, namun sebenarnya prosesor tidak mengalami banyak perubahan secara desain dibandingkan seri  FX 83xx yang keluar tahun lalu. Perubahan terjadi hanya pada kemampuan prosesor ini. 

Peningkatan performa itu membuat kedua prosesor AMD terbaru ini mendapat sambutan positif. Hal ini karena kedua processor tersebut  memiliki clock yang cukup tinggi, terutama AMD FX 9590.  Banyak pengguna yang merasa puas dengan kemampuan yang ada pada AMD FX 9590. Namun ada juga yang masih kecewa karena jika dibandingkan dengan prosessor pesaing, prosessor ini memiliki asupan daya yang cukup tinggi.
 
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang prosesor AMD terbaru ini, mari simak apa saja nilai plus dari AMD FX 9590 ini. Tidak lupa pula akan dibahas kekurangan yang terdapat pada processor ini. Untuk lebih fokus pembahasan, prosessor yang akan dikaji lebih dalam hanya AMD FX 9590 saja yang merupakan varian tertinggi.  

Kelebihan 

  • Dukungan Socket yang Sama 
 
AMD FX 9590, merupakan prosesor AMD terbaru yang masih menggunakan socket motherboard yang sama yaitu AM3+. Dengan begitu pengguna lama (FX 83xx), tentu dapat mengganti atau upgrade ke processor ini tanpa perlu membeli lagi motherboard. 
  • Kecepatan Ekstra
Prosesor AMD terbaru dari AMD ini hadir dengan default clock yang tergolong tinggi dibandingkan sebelumnya. AMD FX 9590 ini mampu berlari pada kecepatan 4,7 GHz. Masih kurang cukup, tenang karena processor ini akan bisa berlari lebih kencang lagi ketika menjalankan program atau games berat yang membutuhkan kemampuan tambahan. Tidak tanggung-tanggung, tenaga tambahan pada processor ini membuat AMD FX 9590 bisa mencapi clock hingga 5 GHz.
  • Peningkatan Performa 
Tidak hanya sekadar teori di atas kertas. Saat prosesor AMD terbaru ini diuji dalam berbagai games dan aplikasi, skornya cukup memuaskan. Dibandingkan seri sebelumnya, peningkatan performa sangat terlihat jelas pada processor ini. Tentu karena jumlah inti di prosessor ini jumlahnay cukup besar yaitu  delapan core. Hasil uji benchmark pun cukup memuaskan. Pada pengujian cinebench dan 3d Professional saja, prosesor ini mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. 
  • Mainan Baru Para Overclocker
Para enthusiast dan overclocker adalah orang-orang yagn senang dengan prosesor AMD terbaru ini. Mengapa? Karena AMD FX 9590 ini memiliki potensi besar untuk di-overclocok pada kecepatan tertinggi atau kecepatan maksimum yang bisa diraih oleh prosesor ini.
 
Kekurangan 
  • Tidak Ada Fitur Baru 
Prosesor AMD terbaru ini sayangnya tidak memiliki fitur terbaru. Fitur-fitur yang ada pada AMD FX 9590 ini masih sama dengan yang digunakan pada AMD FX seri sebelumnya, sebut saja fitur -fitur seperti Advanced Vector Extensions (AVX), Advanced. Encryption Standard (AES), AMD Turbo Core versi 3.0, dan Floating Point Vector Multiply (FMA)
  • Boros daya
AMD FX 9590 ini  memang tergolong kencang. Sayangnya meski tergolong kencang,  prosesor AMD terbaru ini  terhitung boros. Hal ini karena prosessor ini mempunyai TDP sebesar 220W. Tentu dengan TDP sebesar itu, prosesor ini memerlukan power suply yang berkelas dan cooling fan yang tidak sembarangan. Penggunaan stock cooling.hanya akan menghasilkan usaha sia-sia karena stock cooling tidak cukup mampu mendinginkan prosesor ini. 
  • Harga yang Relatif Tinggi
Prosessor ini berada pada kisaran harga sekitar USD 800.  Harga tersebut memang sangat tinggi meskipun performa yang diberikan cukup menjanjikan. Bagi mereka yang  tidak keberatan dengan harga dengan penggunaan listrik yang boros tentu hal ini tidak masalah. Tetapi lain cerita jika pengguna yang ingin memiliki prosessor ini terhambat masalah dana. Memang dengan harga yang cukup ganas tersebut membuat prosessor benar-benar berada di kelas premium. 
 
Itulah beberapa poin plus dan minus dari prosesor AMD terbaru ini. Penjelasan tentang AMD FX 9590 ini tentunya bisa menjadi pertimbangan para pengguna yang akan segera membangun komputer atau mencoba melakukan upgrade. Banyak kelebihan dari prosessor ini satu diantaranya yang jadi unggulan adalah performa. Satu-satunya kekurangan yang paling menonjol dari prosesor ini sendiri hanya pada borosnya daya yang digunakan. Jika hal ini tidak masalah, tentu prosesor ini bisa jadi pilihan utama. [HMN]
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel