Biografi Tokoh Dunia Teknologi: "Ken Kutaragi” Empunya PlayStation

25 Apr 2013 12:45 6205 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Biografi Tokoh Dunia Teknologi kali ini akan mengulas penemu PlayStation yaitu: -Ken Kutaragi-

Berbicara tentang biografi tokoh dunia memang tidak akan ada habisnya bila dibuat rentetan kisah hidup dari masing-masing tokoh dunia tersebut. Karena di dunia ini, khususnya dunia bidang teknologi dan informasi telah ada banyak sekali tokoh-tokoh yang sangat menginspriasi kita dengan keberhasilan dan kesuksesan yang telah diraihnya dengan kerja keras dan royalitasnya terhadap bidang yang sedang digelutinya. Kali ini kita akan membahas satu

biografi tokoh dunia yang memang sudah sangat terkenal di dunia , apalagi buat penggemar PlayStation milik Sony. Ya, siapa lagi kalau bukan Bapak Ken Kutaragi yang terkenal dengan sebutan "Bapak PlayStation”. Disebut sebagai bapak PlayStation karena Ken Kutaragilah yang pertama kali yang menciptakan PlayStation di bawah naungan atau pengawasan dari tempat perusahaannya bekerja. Penasaran ingin tahu lebih jauh tentang biografi tokoh dunia si Ken Kutaragi ini? Mari kita simak ulasan biografinya 

Masa Kecil dan Masa Sekolah Bapak Ken Kutaragi ini lahir pada tanggal 8 Agustus 1950 di kota Tokyo Jepang. Ken Kutaragi dikenal rajin dan pintar semasa kecilnya, bahkan dia digambarkan sebagai murid yang selalu mendapatkan nilai 100 berkat otaknya yang tergolong sangat encer. Dari segi ekonomi dan sosial keluarganya, biografi tokoh dunia Ken Kutaragi tergolong biasa saja. Tapi mereka mampu hidup dengan mengelola bisnis sendiri, sebuah pabrik percetakan di pabrik kota tempat mereka tinggal. Sejak kecil biografi tokoh dunia Ken Kutaragi sudah mengembangkan kemampuan mekaniknya di pabrik tersebut, sepulang sekolah secara aktif mendorong anak muda untuk mengeksplorasi kemampuan mekanis di pabrik, dan ia bekerja bersama ayahnya setelah pulang sekolah. Sifat keingintahuan di bidang elektronik dibawanya dari masa kanak-kanak hingga beranjak remaja. Karena kecintaannya terhadap elektronik yang telah menyebabkan dia mendaftar di Denki Tsushin University, di mana ia memperoleh gelar Elektronik di sana.

 

Baca juga :

                Biografi Sir Alex, Legenda Pelatih Manchester United

                Review Acer Aspire AXC605: Desktop PC Simpel dan Andal

 

Bekerja Pada Perusahaan Sony Setelah lulus kuliah dengan hasil yang sangat bagus, Ken Kutaragi langsung bekerja di perusahaan elektronik Sony, dan selama bekerja pada Sony, dia mendapatkan reputasi yang baik sebagai pemecah masalah atau problem solver yang luar biasa. Berkat kepintaran dan ketekunannya, si biografi tokoh dunia Ken ini berhasil membawa kesuksesan pada proyek-proyek Sony yang telah ia ikuti, termasuk diantaranya adalah proyek awal LCD dan kamera digital. Awal mula dari penemuan dari PlayStation terjadi pada akhir 1980-an. Pada saat Ken Kutaragi menyaksikan puterinya memainkan sebuah Famicom. Nalurinya mencium potensi bisnis video games dan pikirannya telah terbentuk penciptaan game konsol.

Namun sayang, saat itu eksekutif Sony kurang tertarik terhadap idenya dan akhirnya semangat Ken Kutaragi yang tinggi untuk menciptakan video gamespun bertepuk sebelah tangan. Namun, ide dan kreatifitas si biografi tokoh dunia Ken Kutaragi itu rupanya tercium oleh pihak Nintendo, perusahaan konsol permainan yang kini menjadi pesaing nomor satu Sony. Dan pada saat Nintendo meminta si biografi tokoh dunia Ken Kutaragi untuk menciptakan sebuah chip untuk game, Ken tak kuasa menolak. Maka Ken Kutaragi mengerjakan proyek rahasia untuk Nintendo secara diam-diam.

Didesainnya chip SPC700 untuk pihak Nintendo tanpa sepengetahuan pihak Sony. Tetapi kemudian pihak Sony mencium hasil kerja dari chip itu. Dan seandainya CEO Sony, Norio Ohga tidak turun tangan untuk menolongnya , si biografi tokoh dunia Ken Kutaragi dipastikan akan terkena PHK. CEO Sony tersebut kemudian meminta Kutaragi menyelesaikan tugas sampingannya itu dan tetap bekerja pada Sony.

Kerja Keras dan Royalitas Ken Kutaragi terus meminta Sony membiayai riset pembuatan Super NES CD , sebuah teknologi yang diimplementasikan untuk PlayStation. Saat ambisi itu diragukan kalangan eksukutif Sony, sekali lagi Norio Ohga sang CEO Sony mendukung ambisi Ken si biografi tokoh dunia bidang game tersebut.

Maka pada tahun 1990-an, akhirnya Sony secara resmi meluncurkan produk PlayStation. Tak perlu waktu lama, PlayStation segera terkenal dan mendatangkan banyak duit untuk Sony meskipun produknya itu bersaing ketat dengan Nintendo dan SEGA yang sudah kawakan di industri video game. Sony terbilang sangat sukses dengan konsol milik mereka karena di tanggal 18 Mei 2004 saja, waktu yang tidak lama, Sony telah memproduksi 100 juta unit PlayStationnya.

Dan kesuksesan itulah yang menjadikan Kutaragi dipercaya menjadi presiden Sony Computer Entertainment pada 1997 dan menjadikan Ken Kutaragi dijuluki "Bapak PlayStation”. Demikianlah biografi tokoh dunia di bidang konsol game yang bernama lengkap Ken Kutaragi ini. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel