Bagaimana Cara Memilih Aplikasi Android Terbaik?

19 Apr 2013 15:00 2990 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Platform Android diluncurkan pada tahun 2008. Sejak saat itu, aplikasi untuk Android mulai bermunculan. Beberapa tahun kemudian, banyaknya aplikasi untuk Android sudah tidak terbendung.

Platform Android diluncurkan pada tahun 2008. Sejak saat itu, aplikasi untuk Android mulai bermunculan. Beberapa tahun kemudian, banyaknya aplikasi untuk Android sudah tidak terbendung. Untuk memanfaatkan aplikasi-aplikasi ini, kita bisa mengunjungi Android Market, atau sekarang bernama Google Play Store. Dari banyaknya aplikasi Android tersebut, tentu bukan hal yang mudah untuk mencari aplikasi Android terbaik yang sesuai dengan harapan kita.

Memiliki pilihan yang luas untuk berbagai aplikasi dan game pada suatu platform merupakan suatu hal yang bagus bagi kita, namun hal ini juga menimbulkan tantangan bagi kita. Bagaimanan Anda akan mencari aplikasi Android terbaik dari ratusan ribu aplikasi yang disediakan? Google Play Store saat ini belum memberikan navigasi yang mudah, dan ini merupakan tantangan bagi Google untuk membuat toko aplikasi miliknya menjadi lebih user friendly. Menjelajahi aplikasi Android di dalamnya adalah cara terbaik untuk mencari aplikasi yang sesuai dengan harapan.

Setelah bertahun-tahun terus menggerogoti pangsa pasar platform mobile lain, namun tantangan yang ada pada Android salah satunya masih berada di dalam tubuhnya sendiri. Tantangan untuk mencari aplikasi terbaik masih berada di hadapan para pengguna perangkat dengan sistem operasi Android. Ketika pengguna ingin mencari suatu aplikasi, mereka akan menyaring berbagai hal yang ada di dunia internet. Problem lain ada pada saat pengguna Android telah mendapatkan aplikasi, namun aplikasi tersebut tidak bekerja sesuai dengan yang diharapkan, atau mungkin menggunakan aplikasi hanya dalam waktu yang sebentar.

Kebanyakan orang hanya menggunakan beberapa aplikasi secara reguler, dengan berbagai kemungkinan-kemungkinan yang dapat mereka temui. Umumnya, untuk mencari aplikasi Android yang terbaik, kita butuh menghabiskan waktu selama beberapa lama. Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan aplikasi yang tidak sesuai harapan, atau mungkin tidak ingin menghabiskan waktu yang lama hanya untuk mencari aplikasi, Anda dapat menggunakan beberapa teknik untuk membantu Anda dalam mencari aplikasi Android terbaik.

 

Baca juga :

                Cara Tepat dalam Memilih Aplikasi Belajar Anak untuk Smartphone

                5 Aplikasi Android untuk Download Video di Dailymotion

 

Anda bisa memulainya dari chart pada Google Play Store. Di sini, Anda dapat mencari aplikasi paling top dan populer, dari yang berbayar hingga yang gratis. Apa yang perlu Anda perhatikan dalam memilih aplikasi yang sukses menyenangkan para penggunanya adalah ada pada editor choice app, trending app, dan ada juga area aplikasi khusus untuk tablet. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan opsi untuk menyaring aplikasi berdasarkan kategori. Dan jika Anda telah melakukan log in akun, Anda dapat mengunduhnya langsung melalui smartphone Anda. Pengalaman seperti inilah yang bisa Anda dapatkan dari Play Store dalam mencari aplikasi-aplikasi terbaik.

Ketika Anda membuka suatu aplikasi di Play Store, maka Anda akan diperlihatkan review, score, dan chart download dalam laman aplikasi, di mana akan memberikan gambaran seberapa populer aplikasi tersebut. Dan jika Anda tidak puas dengan review dari satu appstore, mungkin Anda membutuhkan alternatif appstore yang akan membantu Anda mengidentifikasi suatu aplikasi atau game. Anda bisa memeriksa aplikasi apa yang paling populer di dalam suatu appstore seperti Amazon App Store, SlideME, AppBrain, atau alternatif lain dari Play Store. Anda mungkin akan menemui beberapa perbedaan di dalam chart masing-masing, juga perbedaan pada rating dan review, yang akan memberikan Anda gambaran lebih apakan aplikasi yang Anda pilih berkualitas atau tidak.

Android sekarang telah menjadi platform besar, sehingga Anda akan mudah dalam mencari aplikasi dan game terbaik dalam suatu website. Selain itu, untuk mencari aplikasi Android terbaik, Anda juga dapat mengunjungi forum-forum Android untuk mengumpulkan informasi melalui review-review yang ada. Apabila review yang ada dirasa cocok dengan selera Anda, maka Anda bisa segera mengunduh aplikasi tersebut. Dengan mengumpulkan berbagai review serta komentar yang ada, maka Anda akan mendapatkan info aplikasi lebih dari cukup.

Apabila Anda telah mendapatkan aplikasi Android yang Anda inginkan, maka tentu saja Anda akan puas dengan hasilnya. Android merupakan platform besar saat ini, namun di lain pihak, aplikasi-aplikasi yang banyak disediakan perlu diteliti lebih lanjut oleh para penggunanya agar suatu aplikasi dapat dikategorikan sebagai yang terbaik. Untuk itu, Anda perlu menerapkan teknik yang benar untuk mendapatkan aplikasi yang sesuai dengan keinginan Anda. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel